Eks Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (Mulo) Padang (SMP 1 Padang)

0 16

Eks Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (Mulo) Padang (SMP 1 Padang)

Bangunan ini dibangun pada tahun 1895, kemudian tahun 1926 diperguna-kan sebagai sekolah MULO (Meer Uitgebreld Lager Onderwijs), yaitu sekolah setingkat SMP pada zaman Belanda. Tahun 1950 mulai digunakan sebagai gedung sekolah SMPN 1 Padang.

Bangunan yang asli terdiri dari dua buah bangunan membentuk huruf L. Bangunan ini difungsikan untuk ruangan kantor, ruangan guru, dan ruangan kelas. Bangunan tambahan yang berada di sisi selatan merupakan ruangan laboratorium, kantin, dan gudang. Di antara ketiga bangunan ini terdapat halaman dalam. Atap bangunan berupa atap limas an tumpang dua. Pasca gempa tahun 2009, gedung ini mengalami kerusakan yang cukup parah, hampir semua bangunan dindingnya retak dan hancur sekitar 80 %. Saat ini sedang dalam tahap renovasi tanpa mengubah bentuk. Karena hampir semua dinding kelas ambruk sehingga dinding ruang kelas telah diganti dengan dikelupas lalu ditambahkan besi untuk penahan dan penguat. Lantai diganti keramik.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Padang.pdf
Comments
Loading...