Eks. Kantor PT Amindo Corp. (Eks. Kantor/Gudang PT Pataka K.S.) Padang

0 48

Eks. Kantor PT Amindo Corp. (Eks. Kantor/Gudang PT Pataka K.S.)

Berdasarkan inskripsi yang berada di dinding bagian depan di dekat pintu masuk bangunan ini tertulis De Eerste Steen Geleyd op 14 Augustus 1933 Door Tilly HazevoetHaze yang berarti Batu Pertama Geleyd pada tanggal 14 Agustus 1933 oleh Tilly Kaki. Bangunan ini dibangun sekitar tahun 1933.

Dari segi arsitekturnya bangunan ini merupakan bangunan dengan arsitektur kolonial. Atapnya berbentuk datar seperti piramida terpancung yang bertumpuk dua. Jendela terdapat di sekeliling dinding, yang berjumlah 10 (sepuluh) buah. Masing-masing tiga buah berada di dinding samping kiri kanan, dan 4 (empat) buah di dinding bagian muka. Jendela beerukuran tinggi dan lebar, terbuat dari kaca yang diberi jeruji besi. Pintu masuk berada di bagian tengah, dengan bagian bangunan agak menjorok ke depan. Pasca gempa tahun 2009. Keruskan pada bangunan ini sekitar 10 %, hanya rusak ringan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Padang.pdf
Comments
Loading...