Eks. Kantor Pos Kuantan Singingi

0 19

Eks. Kantor Pos Kuantan Singingi

Bangunan ini dibangun pada masa kolonial Belanda dan berarsitektur kolonial art deco. Dari awal fungsi pembangunan digunakan sebagai Kantor Pos daerah Kuantan Singingi. Hal ini terlihat dari adanya sebuah lubang tempat memasukkan surat di bagian bagian depan. Ukuran lubang ini sekitar 30 cm x 10 cm. Bangunan berarsitektur kolonial ini terlihat dari bentuk bangunan yang terbuat dari bata berspesi semen, dinding bagian atas yang berprofil dan atap bangunan yang terbuat dari genteng.

Bangunan ini berdenah persegi panjang. Bangunan ini terbagi menjadi 3 ruangan besar yang masing-masing ruangan dipisahkan oleh sebuah pintu. Ruangan bagian depan yang menjorok ke luar, ruangan di sisi tenggara, dan ruangan tengah yang cukup besar berada di bagain belakang. Sedangkan kamar mandi berada terpisah di bagian belakang. Sementara untuk pintu masuk terdapat 2 buah, yang berada di sisi barat daya. Pintu masuk dan jendela terbuat dari kayu dan kaca berbentuk bukaan 2.

Ukuran jendela 1,14 cm x 131 cm, sedangkan ukuran pintu 212 cm x 118 cm. Atap bangunan berbentuk limas yang terbuat dari genteng. Ventilasi/lubang angin terdapat di bagian atas dinding berbentuk persegi panjang. Tinggi bangunan dari permukaan tanah sekitar 35 cm sehingga di bagian depan pintu masuk terdapat anak tangga sebagai akses masuk menuju ruangan. Bagian pilaster bangunan terlihat jelas berada di tiap sudut bangunan yang ditopang pondasi dengan bentuk lebih menjorok keluar. Lantai terbuat dari tegel ubin berwarna abu-abu berukuran 20 cm x 20 cm. Bangunan ini belum pernah mengalami perubahan, namun kondisi sekarang sangat memprihatinkan karena sejak tahun 1990-an bangunan ini sudah tidak dipergunakan lagi sebagai kantor pos, sehingga kondisi saat ini bangunan sudah rusak.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kuantan-Singingi-BPCB.pdf
Comments
Loading...