Eks. Kantor/Gudang PT Surya Sakti Padang

0 28

Eks. Kantor/Gudang PT Surya Sakti

Melihat arsitektur bangunan ini memiliki karakteristik façade art deco Belanda, dibawa ke Indonesia pada abad ke-19. Tujuan awal pembangunan bangunan ini tidak diketahui, tetapi kemungkinan besar itu digunakan sebagai gudang sebuah perusahaan perdagangan seperti bangunan lain yang ada di sepanjang jalan Batang Arau.

Arsitektur art deco dibuktikan dengan tampilan bagian depan didominasi oleh pola lengkung yang dibatasi oleh garis horizontal. Di bagian muka terdapat jendela sebanyak enam buah dengan ukuran lebar 1,2 m dan tinggi 1,5 m, jendela berjeruji besi dan bagian atasnya melengkung. Pintu masuk yang berada di bagian tengah bangunan juga berbetuk lengkung di bagian atasnya.

Pasca gempa tahun 2009, bangunan ini mengalami kerusakan sedang sekitar 40%. Kerusakannya meliputi dinding tembok sebelah timur sebagian sudah runtuh. Dinding bagian depan mengalami retak-retak, langit-langit dinding tembok timur dan barat hancur, sementara ini sudah diganti dengan triplek. Tiang asli dalam ruangan berjumlah empat buah, sekarang ditambah lima buah lagi, sehingga semunya berjumlah 11 buah tiang untuk menyangga langit-langit ruangan bagian dalam. Tiang-tiang tambahan berbentuk segi empat yang terbuat bagian bawah dari coran semen, sedangkan bagian atas dari kayu.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Padang.pdf
Comments
Loading...