Dusun Jomboran Sendangagung Minggir

0 19

Dusun Jomboran Sendangagung Minggir

Pada awalnya daerah ini merupakan hutan belantara yang ditumbuhi berbagai macam tumbuhan besar. Seorang pengembara yang dikenal dengan nama Mbah Jombor beserta kerabatnya sampai di tempat ini. Mbah Jombor dibantu oleh kerabatnya membuka hutan untuk dijadikan tempat tinggal. Mbah Jombor juga membuka hutan untuk bercocok tanam. Lama-kelamaan daerah yang mulanya hutan berubah menjadi tempat pemukiman.

Mbah Jombor menetap di daerah ini sampai akhir hayatnya. Anak dan cucu Mbah Jombor bertambah banyak sehingga daerah tempat tinggal bertambah luas. Akhirnya daerah ini menjadi sebuah dusun yang penduduknya cukup banyak. Jika orang dari daerah lain ingin ke tempat ini selalu mengatakan “Jombor” meskipun Mbah Jombor sudah meninggal dunia. Lama-kelamaan kata “Jombor” menjadi biasa dan akhirnya daerah ini diberi nama Jomboran. Untuk menghormati Mbah Jombor, makamnya dirawat dengan baik oleh warga Dusun Jomboran.

Source https://moergiyanto.wordpress.com https://moergiyanto.wordpress.com/2017/04/11/dusun-jomboran-sendangagung-minggir/
Comments
Loading...