situsbudaya.id

Dermaga Ilahuta Gorontalo

0 35

Lokasi Dermaga Ilahuta

Dermaga Ilahuta berjarak lebih kurang 10 km ke arah barat dari ibukota Provinsi Gorontalo.

Dermaga Ilahuta

Dermaga Iluta yang merupakan saksi bisu tempat mendaratnya pesawat amphibi Katelina yang ditumpangi oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Lokasi dermaga ini berada di kawasan Danau Limboto, tepatnya di Desa Iluta Kecamatan Batudaa dan hanya berjarak sekitar 10 m dari lokasi Makam Keramat Ju Panggola.

Bangunan tua yang berada di lokasi bekas dermaga yang kini dijadikan museum ini telah dibangun sejak Tahun 1936 termasuk dermaga sebagai tempat pendaratan Soekarno, dan telah di renovasi oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo sekitar tahun 2002 silam. Kedatangan Ir. Soekarno di Gorontalo pada tahun 1950 dan kedatangan ke dua kali pada tahun 1956, menurut beberapa sumber dan informasi adalah untuk mengkampanyekan kemerdekaan Indonesia. Kala itu, kedalaman danau limboto mencapai 27 meter.

Museum yang terdapat di lokasi dermaga, berisi dokumentasi seputar kunjungan Ir. Soekarno ke Gorontalo. Foto lama berukuran besar yang terpampang di dalam ruangan museum pendaratan Presiden Pertama RI menjadi bukti nyata kedatangan sang proklamator di Gorontalo. Dari keterangan foto tersebut tidak ada yang dapat memastikan kapan presiden pertama itu menginjakkan kaki di Gorontalo. Satu – satunya petunjuk hanyalah tahun kedatangan sang proklamator yang tertulis disampul foto hitam putih yang tergantung disalah satu sudut ruangan. Selain foto –foto, di museum tersebut menyimpan beberapa mata uang rupiah yang masih berlaku saat itu.

Museum pendaratan Soekarno melalui pesawat Amfibi di Danau Limboto yang terletak di Desa Iluta Kecamatan Batudaa memang sudah lebih dari setengah abad berdiri. Sayangnya bangunan berbentuk kotak yang digunakan sebagai museum belumlah lengkap menggambarkan bagaimana kondisi kedatangan Soekarno kala itu. Sekitar 3 buah foto hitam putih berukuran besar, tampak Soekarno sementara berpidato dirumah dinas Walikota (Sekarang rumah dinas Gubernur) tanpa banyak keterangan.

Dermaga bersejarah iluta menyimpan banyak nilai – nilai history bagi masyarakat gorontalo, maka Pemerintah Provinsi Gorontalo pada tahun 2002 meresmikan tempat ini yang ditandai dengan adanya prasasti peresmian oleh Presiden Megawati Soekarnoputri. Berwisata ke tempat ini, selain dapat mengetahui sejarah silam, pengunjung pun dapat menikmati keindahan Danau Limboto.

Source http://www.gorontalofamily.org http://www.gorontalofamily.org/wisata-sejarah/dermaga-ilahuta.html
Comments
Loading...