Denzibang Bukit Barisan

0 66

Denzibang Bukit Barisan

Gedung Denzibang 5/1 Bukit Barisan berada di Jalan Jenderal Sudirman, kelurahan Birugo, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh. Riwayat sejarah bangunan ini tidak diketahui dengan pasti, namun diperkirakan dibangun tahun 1882- 1883. Perkiraan tahun ini berdasarkan inskripsi yang terdapat pada bangunan tersebut. Bangunan ini diperkiran awalnya berfungsi sebagai asrama perwira Tentara Kolonial Belanda.

Bangunan dengan arsitektural kolonial sangat jelas dari bagian façade. Terdiri dari 5 (lima) unit bangunan, tiap ruangan dipisahkan oleh sebuah pintu yang berukuran cukup besar. Arsitektur yang terdapat pada bangunan ini yaitu perpaduan kolonial-tradisional antara lain, jendela dan pintu merupakan ciri khas arsitektur kolonial, besar dan lebar serta ventilasi banyak. Jendela dan pintu terbuat dari bahan kayu, atap seng, dinding beton, lesplang bermotif tradisonal. Denah bangunan empat persegi panjang.

Pintu masuk berjumlah 3 buah berada di sisi utara. Jendela berjumlah 14 buah berbentuk persegi panjang bukaan dua terbuat dari kayu dan kaca. Lantai terbuat dari tegel ubin bermotif geometris dan berwarna merah bata dengan ukuran 20 cm x 20 cm. Namun lantai di bagian ruang tengah terbuat dari ubin tegel berwarna abu-abu polos. Plafon terbuat dari papan kayu yang masih asli. Atap bangunan berbentuk limasan dan terbuat dari seng, ventilasi berbentuk linggkaran berjulah 6 masing-masing 3 buah di sisi timur dan barat. Bangunan ini memiliki luas 812 meter².

Source http://bukittinggiheritage.blogspot.com http://bukittinggiheritage.blogspot.com/2017/09/4-denzibang-bukit-barisan.html#
Comments
Loading...