Dam Kamijoro Bantul

0 79

Lokasi Dam Kamijoro

Dam Kamijoro terletak di Dusun Kamijoro, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dam Kamijoro

Lokasi Dam ini berdekatan dengan PDAM Pajangan. Pintu masuk atau ujung saluran irigasi yang dibangun pada tahun 1924 itu masih berfungsi baik hingga saat ini. Pembangunan sadapan air ini ditandai dengan dikeluarkan izin pembuatan saluran irigasi dari Sungai Progo kepada Ir Julius Schmutzer oleh Sultan Hamengku Buwana VIII. Saluran irigasi ini penting untuk kelangsungan hidup pabrik gula yang dikelola keluarga Schmutzer dan untuk membantu petani.

Peletakan batu pertama pembangunan saluran irigasi ini ditandai dengan prasasti yang ditempelkan pada dinding sisi timur kompleks bangunan. Bunyi prasasti tersebut adalah sebagai berikut: Pada tanggal 28 Februari 1924 dilakukan/ diresmikan perjanjian peletakan batu pertama oleh Sultan Djokdjakarta HB VIII dan Residen Djokdjakarta P.W. Jonquiere.

Sadapan Air Kamijoro ini dulu juga dilengkapi dengan mesin penyedot lumpur yang diletakkan di sudut timur bangunan sadapan air. Mesin ini untuk menyedot endapan lumpur di mulut pintu air. Endapan lumpur yang tidak disedot mengakibatkan pendangkalan air serta menutupi pintu air. Mesin penyedot lumpur bermerk Ruston buatan Inggris. Pada mesin tersebut tertera angka tahun 1878, yang kemungkinan besar menunjukkan tentang tahun pembuatan. Sayangnya mesin ini sekarang tinggal menjadi puing besi.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/dam-kamijoro/
Comments
Loading...