Dalem Wironegaran Yogyakarta

0 142

Dalem Wironegaran

Dalem Wironegaran dibangun sekitar abad ke-18. Dalem Wironegaran pada awalnya merupakan Dalem Condrodiningratan yang beralamat di RT 55/RW 14, Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Sejarah bangunan pada awalnya di tempati oleh GBPH. Suryomentaram (putra ke-55 dari Sultan Hamengku Buwono VII 1877-1921). Kemudian setelah itu ditempati oleh BRAy. Condrodiningrat yaitu putri ke-15 dari Sri Sultan HB VIII (1921-1939)sehingga pernah dikenal dengan nama Dalem Condrodiningratan. Sekarang Dalem ini ditempati oleh GKR Pembayun (Putri sulung Sri Sultan Hamengku Buwono X) dan suaminya, KPH Wironegara, sehingga disebut Dalem Wironegaran.

Bangunan berbentuk dalem ageng tipe Joglo menghadap ke selatan terdiri dari kuncungan yang berfungsi sebagai paretan (jalan kereta), emper berbentuk limasan, pendopo berbentuk joglo terbuka, pringgitan, dalem, dan gandok. Bangunan ini pernah roboh pada bagian pendoponya ketika gempa 2006 dan sudah dilakukan perbaikan. Kondisi bangunan sekarang masih asli walaupun ada beberapa material baru yaitu papan triplek sebagai penutup (plafond) langit-langit tetapi secara global keaslian tata letak, bentuk arsitektur masih terjaga keasliannya.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/dalem-wironegaran-yogyakarta/
Comments
Loading...