Dalem Kepangeranan Keraton Surakarta

0 204

Dalem Kepangeranan Keraton Surakarta

Berbicara tentang keraton, tidak akan dapat dipisahkan dengan bangunan-bangunan fasilitas penunjangnya. Bangunan-bangunan tersebut adalah: Tembok beteng (Baluwarti), Alun-alun lor dan alun-alun kidul, Masjid, serta rumah (nDalem Kepangeranan) baik di lingkup dalam beteng maupun yang berada di luar beteng Baluwarti. Beberapa ndalem kepangeranan dibangun pada masa Sinuhun PB IX dan PB X.

Adapun Dalem Kepangèranan yang masih dikenal masyarakat Surakarta sampai sekarang ini,  yakni sebagai berikut.

  1. Dalem MANGKUBUMEN yang terletak di bagian dalam Beteng Baluwarti sebelah Barat Cempuri Karaton.
  2. Dalem POERWODININGRATAN yang terletak di bagian dalam Beteng Baluwartisebelah Barat Laut Cempuri Karaton.
  3. Dalem SURYOHAMIJAYAN yang terletak di bagian dalam Beteng Baluwarti sebelah Utara Cempuri Karaton.
  4. Dalem BROTODININGRATAN yang terletak di bagian dalam Beteng Baluwarti sebelah Barat-Daya Cempuri Karaton, tepatnya di ujung pertigaan antara Kanjengan Mangkubumen dan gerbang butulan kulon (lawang gapit kulon).
  5. Dalem MLOYOKUSUMAN yang terletak di bagian dalam Beteng Baluwarti sebelah Timur-Laut Cempuri Karaton (sekarang lokasinya masuk di dalam kampung Mloyosuman).
  6. Dalem SURYANINGRATAN yang terletak di bagian dalam Beteng Baluwarti sebelah Timur Cempuri Karaton (sekarang lokasinya masuk di dalam kampung Mloyosuman).
  7. Dalem NOTONEGARAN yang terletak di bagian dalam Beteng Baluwarti sebelah Tenggara Cempuri Karaton (sekarang lokasinya masuk di dalam kampung Tamtaman).
  8. Dalem COKRONEGARAN yang terletak di bagian dalam Beteng Baluwarti sebelah Selatan Cempuri Karaton.
  9. Dalem NGABEYAN yang terletak di bagian dalam Beteng Baluwarti sebelah Selatan Cempuri Karaton. Dalem Kepengeranan ini sekarang menjadi milik BROBOSUTEDJO, dan telah mengalami renovasi pada tahun 1986.
  10. Dalem SOMABRATAN yang terletak di bagian luar Beteng Baluwarti sebelah Selatan Cempuri Karaton, sebelah Timur Alun-alun kidul (sekarang masuk dalam kawasan Kelurahan Gajahan).
  11. Dalem JAYASUMAN yang terletak di bagian luar Beteng Baluwarti sebelah selatan Cempuri Karaton, sebelah Timur Alun-alun kidul (sekarang masuk dalam kawasan Kelurahan Gajahan).
  12. Dalem HADIWIJAYAN yang terletak di bagian luar Beteng Baluwarti sebelah Barat Cempuri Karaton (sekarang masuk dalam kawasan Kelurahan Gajahan).
  13. Dalem SURYABRATAN yang terletak di bagian luar Beteng Baluwarti sebelah Selatan Cempuri Karaton, sebelah Barat-Daya Alun-alun kidul (sudah rata tanah karena beralih kepemilikannya ke PATRA JASA-PERTAMINA dan direncanakan akan dibangun menjadi sebuah hotel (sekarang masuk dalam kawasan Kelurahan Danukusuman).
  14. Dalem WURYANINGRATAN yang terletak di bagian luar Beteng Baluwarti di lokasi arah Barat Karaton, di tengah kota Sala. Sekarang berada di Jalan Slamet Riyadi yang dulunya disebut Groote Postweg (sekarang pemiliknya sudah ganti DANARHADI, dan dijadikan Museum Batik, fisik bentuk bangunan relatif dilestarikan).
  15. Dalem KUSUMOYUDAN yang terletak di bagian luar Beteng Baluwarti dilokasi arah Utara Karaton, ditengah kota Sala. Sekarang berada di dalam kawasan kampung Sumoyudan, dan dibangun kembali menjadi Hotel Sahid Kusuma (sebagian bangunannya relatif dilestarikan dan sebagian sudah terlalu modern).
Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/dalem-kepangeranan-di-keraton-surakarta/
Comments
Loading...