Dalem Kaneman Yogyakarta

0 89

Lokasi Dalem Kaneman

Dalem Kaneman beralamat di RT/RW 9/3 Kalurahan Kadipaten, Kec. Kraton Yogyakarta, dengan luas bangunan keseluruhan 5595 m² dan luas tanah 10.885 m².

Dalem Kaneman

Bangunan ini ditempati oleh KRT. Wiraguna (Putra P. Mangkubumi/HB VI) pada tahun 1904 sewaktu menjabat sebagai Patih Kadipaten Anom. Setelah wafat, Dalem Kaneman ditempati oleh putranya yaitu RM. Kaswarjo (KRT. Purwadiningrat) suami dari Siti Swandari (Putri ke-19 HB VIII) sampai tahun 1988.

Di samping itu Dalem Kaneman dipergunakan oleh paguyuban Siswa Among Beksa untuk pengembangan tari klasik gaya Yogyakarta. Saat ini bangunan Dalem Kaneman dipergunakan oleh keluarga GKR. Anom Adibrata, putri I Sri Sultan HB IX dari ibu KRAy. Pintakapurnama. Selain sebagai tempat tinggal, bangunan ini juga dipergunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan pariwisata.

Dalem Kaneman menghadap ke selatan yang secara garis besar terdiri dari tiga bangunan yaitu pendapa, pringgitan, dan rumah induk. Di kanan-kiri bangunan induk terdapat tembok sebagai penyekat/seketheng. Dalem Kaneman dikelilingi oleh pagar dengan dua pintu masuk berbentuk kori atau regol gapura paduraksa. Pada tahun 1904, bangunan ini pernah dilakukan pemugaran oleh KRT. Wiraguna (putra HB VI) dengan bantuan A.J. Ressink seorang pejabat di Java Instituut. Pada tahun 1989 dilakukan pemugaran pada bagian atap seng dan plafon.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/dalem-kaneman/
Comments
Loading...