Dahor Heritage Museum Balikpapan

0 36

Dahor Heritage Museum Balikpapan

Museum yang berlokasi di daerah Dahor ini dinamakan Dahor Heritage. Daerah Dahor berada di antara pasar Pandan Sari dan Hotel Blue Sky Balikpapan. Sebagian warga lokal menyebut daerah ini sebagai rumah Belanda. Alasannya mungkin karena ada beberapa rumah peninggalan Belanda yang berjejer sepanjang daerah ini. Memang belum ada palang ataupun tanda yang menandakan lokasi museum ini, tapi lokasi yang dijadikan museum dapat dilihat dari rumah panggung yang paling ramai dikunjungi.

Semua berawal dari kegelisahan beberapa komunitas yang menyayangkan belum adanya museum di kota ini. Komunitas Balikpapan Tempo Doeloe, salah satu dari beberapa komunitas tersebut berinisiatif menghubungi pihak PT. Pertamina setelah melihat komplek perumahan Pertamina banyak yang kosong agar sebaiknya dimanfaatkan. Usaha mereka tak sia-sia, pihak Pertamina mengizinkan sembilan rumah panggung di kawasan Dahor difungsikan sebagai museum.

Dibangun pada tahun 1930-an, rumah ini tampak masih sangat kokoh berkat kualitas material yang dipakai. Pengerjaan pemugaran rumah ini pun tampak tidak terlalu banyak yang diubah, dinding, pagar dan atap dicat hijau terang, lantai dan pilar kayu dipelitur, serta parit di sekeliling rumah digali kembali guna melancarkan pembuangan aliran air.

Rumah panggung ini berupa rumah satu lantai dengan empat kamar di dalamnya. Dinding tebal, langi-langit tinggi, jendela yang besar, arsitektur khas Belanda terlihat mendominasi bangunan tersebut. Rangkaian listriknya pun masih dijaga keasliannya, kabel-kabel tidak ditanam di dinding.

Saat ini, koleksi foto di Dahor Heritage masih terbatas. Ada sekitar 70an foto mulai dari menceritakan cikal-bakal Kota Balikpapan, kondisi kota pasca serangan militer, hingga aktivitas di kilang minyak yang saat itu masih dibawah pengawasan BPM. Sebenarnya ada sekira 850-an foto yang siap dipajang, namun karena keterbatasan tempat, jadi hanya beberapa dulu yang ditampilkan.

Foto-foto tersebut terpasang rapi di partisi-pastisi yang ada di setiap ruangan. Pemasangan partisi pameran dimaksudkan untuk mencegah kerusakan dinding dengan tidak memasang paku atau menembel gambar pada temboknya. Untuk masuk di Dahor Heritage Museum tidak dipungut biaya.

Source http://visitkaltim.id http://visitkaltim.id/attraction/dahor-heritage-museum-balikpapan
Comments
Loading...