Compang Pembe NTT

0 65

Lokasi Compang Pembe

Compang Pembe terletak di Rana Mese, Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.

Compang Pembe

Compang merupakan pusat dari semua ritual adat dan aktivitas budaya dari masyarakat Manggarai dalam sebuah kampung. Compang sering digunakan sebagai tempat pemujaan terhadap arwah leluhur (empo) dan kepada Tuhan Yang Maha Esa (Mori agu Ngaran)sebagai pencipta kehidupan dan alam semesta (Ata Jari Agu Dedek). Compang Pembe berada di tengah Kampung Pembe di Kecamatan Sambi Rampas.

Compang Pembe merupakan salah satu perwujudan dari aktivitas budaya masa lampau yang dipertahankan secara turun-temurun hingga saat ini. Compang Pembe pertamakali dibangun oleh seorang leluhur di kampung Pembe yang bernama Nanggar. Dalam proses pembangunannya, Nanggar dibantu oleh seorang saudaranya yang juga tinggal bersamanya di kampung Pembe. Selanjutnya setelah kampung Pembe dijadikan pusat kedaluan (hamente) Congkar, pembangunan compang ini dilanjutkan dengan dukungan para Gelarang (Kepala wilayah untuk beberapa kampung) yang pada waktu itu masuk dalam wilayah kekuasaan Kedaluan Congkar. Compang ini diperkirakan dibangun pada tahun 1300 dan saat ini usianya telah mencapai 700 tahun.

Compang Pembe memiliki keunikan tersendiri dibanding Compang lainnya di wilayah ini. Selain usianya yang relatif sangat tua, Compang Pembe dibangun dari batu-batu alam yang sangat besar dan tersusun rapih, sehingga terbentuklah sebuah Compang yang berukuran bulat dengan diameter 35M dan tinggi 5M lebih tinggi dari pelataran rumah-rumah penduduk yang mengitarinya. Di atas Compang ini ditanami sebuah pohon beringin yang saat ini masih tumbuh subur dan sangat besar karena usianya telah mencapai 700 tahun.

Bagi warga Compang Pembe dan masyarakat Congkar pada umumnya, Compang ini sangat sakral mengingat Compang ini merupakan peninggalan leluhur dimana masyarakat Manggarai percaya bahwa Compang merupakan pusat aktivitas arwah para leluhur pada malam hari, terutama pada saat dipersembahkan kurban di Compang atau di dalam kampung Pembe. Karena itu Compang Pembe merupakan tempat bagi warga kampung Pembe untuk berinteraksi secara adat dengan leluhur.

Source http://pariwisata.serverjogja.com/home http://pariwisata.serverjogja.com/objek/23-compang_pembe
Comments
Loading...