Cikadut, Kawasan Permakaman Umum Khusus Warga Tionghoa

0 231

Cikadut, Kawasan Permakaman Umum Khusus Warga Tionghoa

TPU Cikadut merupakan TPU tua di Jalan Raya Cikadut, Jatihandap, Mandalajati, Kota Bandung. Permakaman ini sudah beroperasi pada 1918. Namun, secara de facto TPU warga etnis Tionghoa sudah ada pada 23 Agustus 1917. Pada saat itu sudah ada makam tokoh penting etnis Tionghoa di Kota Bandung, Tan Joeng Liong. Tan Djoen Liong adalah seorang letnan Tionghoa di Bandung.

Di sini pun terdapat makam Tionghoa muslim yaitu makam Ibu Djuhriah. Ibu ini adalah guru kepala SD Priangan. Di Cikadut juga ada makam yang terlihat megah, yaitu makam Jo Soek Gie dan Na Kim Lian. Raja tekstil, Yo Giok Sie yang meninggal pada 23 Agustus 1963 pun dimakamkan di sini. Yo Giok Sie merupakan pendiri pabrik tekstil terbesar di Kota Bandung saat itu yakni PT Badan Tekstil Nasional (BTN) yang berlokasi di Cicaheum.

Bangunan-bangunan permakaman di sini memiliki khas makam orang Tionghoa. Bangunannya sangat besar. Rata-rata memiliki atap yang dicat warna kuning dan merah. Nisan yang berukuran besar bertuliskan data orang yang dimakamkan di sana menggunakan huruf Tiongkok. Di beberapa makam terlihat tembok lumayan tinggi mengelilingi permakaman itu.

Untuk ke makam itu bisa ditempuh dari arah Cicaheum dan Ujungberung. Dari arah Cicaheum Jalan Cikadut berada di sebelah kiri. Jalan ini tidak jauh dari Terminal Cicaheum. Di mulut jalan itu terdapat pangkalan ojek.

Dari permakaman yang berada di dataran tinggi ini bisa melihat kawasan Bandung di arah barat. Pada malam hari kerlap-kerlip lampu sangat jelas terlihat di sini. Untuk menyaksikan pemandangan tersebut sebaiknya jalan lebih jauh dari gapura tempat masuk ke permakaman ini dan berada di tempat yang lebih tinggi.

Source https://www.serbabandung.com/ https://www.serbabandung.com/cikadut-bandung/
Comments
Loading...