situsbudaya.id

Ceruk Senen Kalimantan Timur

0 29

Lokasi Ceruk Senen

Ceruk Senen terletak di Desa Merabu, Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

Ceruk Senen

Secara geografis terletak pada koordinat UTM N 531541 dan 162742, Ketinggian situs ini 195 mdpl, arah hadap gua 260°. Batas geografis di sebelah utara, barat, dan selatan yaitu Batu karst Kecabi, sedangkan di sebelah timur yaitu Batu karst Bloyot.

Ceruk Senen ini memiliki 1 buah pintu utama dan satu buah jendela yang terletak di bagian belakang gua. Ceruk ini mempunyai ukuran panjang 51 meter, lebar 10,7 m dan tinggi maksimal 6, 5 m. Secara umum ceruk ini mempunyai permukaan lantai yang relatif kering dan memiliki pencahayaan yang terang. Lantai gua arah sisi tenggara mempunyai permukaan lebih rendah sekitar 2 m dari sisi depan mulut ceruk. Ornamen yang masih ditemui berupa stalaktit, stalagmit, menara, dan flowstone.

Terdapat gambar cadas sebanyak delapan gambar tangan negatif, namun yang masih dapat diidentifikasi dengan jelas hanya dua buah gambar. Letak gambar tangan yang utuh tersebut berada di sisi timur laut (50°) dari, yang berjarak 6 m DP. Potensi lainnya yang ditemukan berupa persebaran sampah dapur (cangkang molusca), yang posisinya berada di sisi tenggara (150°) dari DP, berjarak 6-12 m.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/2017/10/situs-cagar-budaya-ceruk-senen/
Comments
Loading...