Cerobong Asap Sumatera Barat

0 31

Cerobong Asap

Cerobong Asap berada di Jalan H. Miskin No. 101, Kelurahan Campago Ipuh, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan. Cerobong Asap ini termasuk dalam Struktur Cagar Budaya yang dibuat pada tahun 1928 dan berfungsi sebagai tempat pembakaran sampah. Pada saat pemerintahan kolonial Jepang (Takekoshi) Cerobong Asap ini digunakan untuk pembakaran bata.

Cerobong Asap ini terbuat dari semen dengan struktur persegi dan bentuknya seperti tugu dengan tinggi ± 16 m dan serta sisinya 2,10 x 2,10 meter. Struktur dari Cerobong Asap ini terdiri dari 4 bagian/tingkat (seperti bangu-nan Jam Gadang) yang semakin mengecil setiap tingkatnya hingga ke puncak. Pada bagian atas terdapat cerobong yang berfungsi untuk mengeluarkan asap di saat terjadi proses pembakaran sampah. Sedangkan pada bagian paling bawah terdapat lubang melengkung (di tengah) yang berfungsi untuk tempat pembakaran dengan ukuran panjang 60 cm dan tinggi 50 cm.

Proses pembakaran diperkirakan menggunakan kayu. Hal ini dapat dilihat dari bekas asap di sekitar dinding yang menghitam. Di samping cerobong ini terdapat bangunan berbentuk empat persegi panjang yang terbuat dari bahan beton berfungsi sebagai tempat penampungan sampah yang siap untuk dibakar dengan ukuran 5,40 x 4,20 cm dan tinggi 3,70 cm. Kondisi bangunan tidak terawat. Menurut pejabat Lurah setempat, bangunan ini akan dijadikan sebagai miniatur Jam Gadang.

Source http://bukittinggiheritage.blogspot.com http://bukittinggiheritage.blogspot.com/2017/10/30-cerobong-asap.html
Comments
Loading...