situsbudaya.id

Candi Wangkal Sidoarjo

0 23

Lokasi Candi Wangkal

Candi Wangkal  terletak di Desa Wangkal, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo, dan berprovinsi di Jawa Timur.

Candi Wangkal

Candi Wangkal ini merupakan peninggalan masa klasik Indonesia. Candi ini termasuk cagar budaya yang berada di Sidoarjo. Candi ini bentuknya unik, karena bentuknya yang sangat kecil dan letaknya di lahan persawahan. Candi ini tersusun dari batu besar berwarna hitam, sebelahnya ada batu lebih kecil berwarna merah, dan bawahnya terdapat tumpukan batu bata yang tertimbun tanah.

Proses penemuan Candi Wangkal bermula pada saat menggali tanah untuk di jadikan batu bata. Di tengah – tengah penggalian tanah dia istirahat dan tertidur. Pada saat itu Bapak Manu (Pencari Batu Bata) bermimpi bertemu dengan seseorang yang menyuruh menggali tanah hingga menemukan suatu benda. Saat terbangun dari tidurnya dia bergegas menggali tanah untuk mengikuti perintah yang ada di dalam mimpinya. Saat menggali tanah hingga rata, terlihat sebuah batu besar berbentuk persegi panjang. Dan di samping batu tersebut terdapat batu bulat yang saling berdampingan .dan saling menjaga (Konon katanya tugu yang mengibaratkan batu asa).

Candi Wangkal dapat berfungsi sebagai tugu yang berbentuk persegi/prisma. Panjang situs 1,5 meter dan luas lahan 12 meter dan tinggi belum bisa di pastikan karena tertimbun di dalam tanah. Situs candi wangkal ini sebagian besar masih terpendam di dalam tanah. Hanya di bagian paling atas yang terlihat, informasi dan keterangan candi yang berada di dalam tanah masih sangat minim .tapi yang jelas bagian yang di dalam tanah memiliki lubang pintu, menurut bapak Manu setelah di selidiki. Di dalam candi pernah di temukan sebuah keris yang sekarang di letakan di Museum Nasional.

Source https://id.wikipedia.org/wiki/ https://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Wangkal
Comments
Loading...