Candi Tembarak, Bukti Kejayaan Kertosono Dimasa Klasik

0 22

Candi Tembarak, Bukti Kejayaan Kertosono Dimasa Klasik

Candi Tembarak secara administratif terletak di Desa Tembarak, Kec. Kertosono, Nganjuk. Lokasi candi ini berada di ujung selatan Desa Tembarak yang berbatasan dengan Desa Gondang. Untuk menuju candi ini banyak rute yang bisa dipilih. Dari arah Blitar bisa lewat Kediri jurusan Kertosono/ Surabaya, selepas Kediri langsung belok kiri ke arah jembatan Kertosono, setelah melalui jembatan bisa djumpai perempatan besar, dari perempatan tersebut belok kiri hingga Gang XIV Tembarak, candi berada di tengah sawah di selatan mushola. Dari arah Jombang bisa menuju jembatan Kertosono dan mengikuti rute yang sama. Kalau dari arah Nganjuk langsung saja ke arah jembatan Kertosono, sampai di perempatan (sebelum jembatan) belok kanan dan langsung saja menuju Gang XIV.

Candi Tembarak terletak di tengah area persawahan. Akses jalan yang tersedia hanyalah jalan setapak dan dilanjutkan dengan pematang sawah, sehingga untuk menuju lokasi candi saya harus berjalan kaki. Lokasi Candi Tembarak ditandai dengan adanya bangunan beton yang sudah tak beratap, di sana lah Candi Tembarak berada.

situs candi tembarakCandi Tembarak kondisnya sangat memprihatinkan. Candi yang ditemukan sekitar tahun 2005 ini sebenarnya pernah memperoleh penanganan pemerintah, namun kini kondisinya sudah terbengkalai. Candi Tembarak memang telah runtuh, yang bisa dilihat tinggalah tumpukan bata yang samar-samar masih tersusun membentuk bidang candi. Kini tumpukan tersebut terendam kubangan air, sehingga bentuknya hanya terlihat samar. Sungguh disayangkan mengingat candi ini merupakan salah satu bukti kejayaan Kertosono di masa klasik.candi tembarak

tembarak templeCandi Tembarak terletak tidak jauh dari Sungai Brantas, kira-kira hanya 500 m di barat sungai. Sungai Brantas merupakan jalur perdagangan penting sejak masa kerajaan Hindu-Buda di tanah Jawa, sehingga tidak mengheran jika banyak ditemukan sisa candi/ bangunan klasik di pinggirnya. Selain candi, di sekitar Tembarak juga sering ditemukan tinggalan-tinggalan lepas lainnya. Salah satunya adalah sebuah yoni di pemukiman sebelah utara Candi Tembarak. Menurut penuturan warga setempat yoni ini dulunya ditemukan tidak jauh dari Sungai Brantas. Tidak menutup kemungkinan yoni ini memiliki keterkaitan dengan Candi Tembarak. Yoni sendiri merupakan simbol Dewi Parwati yang merupakan salah satu dewa agama Hindu.

Selain candi dan artefak-artefak masa klasik, di timur Kertosono juga didapati daerah bernama Bandar Kedung Mulyo. Saat ini daerah tersebut merupakan bagian Kabupaten Jombang yang tepat berseberangan dengan Kertosono, di antara kedua wilayah tersebut mengalir Sungai Brantas. Nama “bandar” merujuk pada istilah pelabuhan, hal ini bisa memberikan gambaran bahwa dulunya wilayah sekitar Kertosono merupakan sebuah pelabuhan/ bandar.

Source https://travellersblitar.com https://travellersblitar.com/candi-tembarak-kertosono/
Comments
Loading...