Candi Telih Malang

0 47

Candi Telih

Dari ukuran, Candi Telih itu termasuk kecil. Tingginya sekitar dua meter dan lebar bangunan dasarnya sekitar 2,5 meter. Candi memiliki dua bagian, bagian utama adalah bangunan candi yang letaknya di hamparan tanah yang posisinya lebih tinggi, sedangkan bagian kedua berupa tumpukan batu yang berada di lahan bagian bawah yang berjarak sekitar empat meter. Candi di bagian bawah itu memiliki tinggi sekitar 1,5 meter dan lebar 1,25 meter.

Menurut Juru Kunci Candi Telih, awal penemuan dari Candi ini terjadi pada tahun 60-an saat sedang ada Gestapu (G30S PKI). Saat ditemukan kondisinya sangat mengenaskan karena sebagian Candi hancur karena cuaca sekitar ataupun terkena reruntuh pohon. Karena itu sang ayah kemudian menata hingga kondisinya lebih rapi seperti ini.

Jika dilihat dari posisi Candi Telih yang menghadap ke Gunung Arjuno, keberadaan Candi ini bisa diidentifikasikan sebagai tempat pertapaan yang bisa menjadi tempat penyimpanan dan pemujaan arwah lelulur karena orientasi persemayaman arwah ada di puncak Arjuno. Alasan ini karena dalam ritus megalitik ada konsep Di Hyang, yaitu pemujaan terhadap arwah leluhur. Dalam hal ini puncak Arjuno yang dianggap sebagai gunung suci.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2016/02/17/candi-telih-candi-yang-kurang-terkenal/
Comments
Loading...