Candi Tebing Tegallinggah Bali

0 355

Lokasi Candi Tebing Tegallinggah Bali

Candi Tebing Tegallinggah di Blahbatuh Gianyar Bali berada di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Candi Tebing Tegallinggah Bali

Candi Tebing Tegallinggah di Blahbatuh Gianyar Bali merupakan sebuah candi yang keberadaannya tepat di tebing sebuah sungai. Candi ini bernama Candi Tebing Tegallinggah dan termasuk situs purbakala yang baru beberapa tahun lalu ditemukan. Adalah seorang ahli purbakala berkebangsaan Belanda yang berhasil menemukan situs sejarah yang kaya akan nilai historis-filosofis ini di sebuah tebing Sungai Pakerisan, Gianyar, Bali.

Sejarah Candi Tebing Tegallinggah Bali

Candi ini terpahat di dua sisi tebing yang berseberangan, karena dipisahkan oleh aliran sungai Pakerisan, dimana pada masing-masing dinding terdapat bentuk candi serta sejumlah cerukan yang berbeda.

Semula penduduk desa setempat hanya mengetahui sebuah bangunan yang hanya berupa gapura masuk saja, namun setelah digali terdapat sebuah tangga menuju keatas di dalamnya. Di sebelah kanan gapura ini terdapat gapura yang lebih besar namun sebagian telah runtuh, dimana pada bagian belakang gapura ini terdapat sebuah halaman yang pada dindingnya terpahat dua buah candi.

Sedangkan di sebelah kiri gapura terdapat bangunan biara yang belum selesai, kemungkinan besar ditinggalkan karena adanya bencana alam gempa bumi. Pada candi ini juga ditemukan tujuh cerukan serta tiga lingga yang melambangkan “Trimurti” atau Dewa Utama, yaitu Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa. Adapun cerukan yang ada merupakan tempat yang pada sisi lain dari kosmologi Hindu digunakan untuk mendekatkan diri pada Sang Hyang Widhi (pertapaan).

Source Candi Tebing Tegallinggah Bali Bali
Comments
Loading...