Candi Tebing Tambahan Bali

0 66

Lokasi Candi Tebing Tambahan

Candi Tebing Tambahan terletak di Dusun Tambahan Kelod, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

Candi Tebing Tambahan

Situs ini sangat mudah dicapai dengan kendaraan umum jurusan Tembuku, sampai di perempatan Desa Jehem menuju ke Selatan mengikuti jalan aspal desa sampai di Dusun Tambahan Kelod. Kondisi lingkungan sejuk/lembab, tumbuhan yang terdapat di sekitar Candi adalah pohon pisang, pohon bamboo, pohon kelapa, pohon bunga kembang kertas, pohon timbul, tumbuhan paku dan rumput. Terdapat mata air dekat Candi Tebing saat ini dijadikan Beji yang bernama Beji Pesiraman Gredeg.

Sebelah timur terdapat sungai besar yang bernama Sungai Yeh Bubuh. Status kepemilikan tidak ada pemilik, dikelola oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Gianyar dengan Juru Pelihara Situs bapak Dewa Agung Made Tirta. Menurut informasi, Candi Tebing Tambahan ditemukan pada tahun 1980 oleh masyarakat.

Candi Tebing Tambahan terdiri dari tiga bagian, bagian kaki (sudah hilang), bagian badan, dan bagian atap (hilang/aus). Pada bagian badan terpahat empat buah relung (semu) dan sebuah pintu bilik (semu). Di sebelah kiri candi terdapat sebuah ceruk pertapaan/wihara, tempat melaksakan kegiatan yoga/meditasi. atau bisa kemungkinan difungsikan untuk penempatan arca pemujaan. Kondisi saat ini atap dari ceruk sudah hilang, dan bagian lantainya aus. Jika dilihat dari kondisi dilapangan, kondisi ini diakibatkan karena terjadinya longsor.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/2018/02/08/seni-pahat-tebing-padas-di-desa-jehem-bangli/
Comments
Loading...