Candi Srikandi di Datarang Tinggi Dieng

0 342

Candi Srikandi

Candi Srikandi merupakan salah satu bangunan Candi kuno dan merupakan Candi tertua di Indonesia yang berada di dataran tinggi dieng, teletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara Jawa Tengah. Candi yang dibangun antara akhir abad ke-8 sampai awal abad ke-9 ini saling berdampingan dengan beberapa Candi lain nya. Candi ini memiliki “teman” bangunan Candi lainnya yang berasa di sebelahnya yang berbaris lurus. Kumpulan Candi Hindu yang beraliran Syiwa ini tegabung dalam satu kelompok yang disebut komplek Candi Arjuna. Komplek Candi Arjuna terdiri dari Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Puntadewa, Candi Sembadra, dan candi Srikandi sendiri.

Letak Candi Srikandi

Letak Candi Srikandi berada di bagian utara dari Candi Arjuna dan bersebelahan langsung dengan Candi Arjuna, bangunan Candi Srikandi ini memiliki gaya arsitektur yang masih terpengaruh dengan india seperti pada Candi Arjuna dan Candi Semar. Candi yang menghadap ke arah tenggelamnya matahari ini merupakan satu-satunya candi di Dieng yang berelief Tri Murti ( Dewa Siwa, Dewa Wisnu, Dewa Brahma ) yang terpahat di setiap dinding luarnya. Relief dewa wisnu terpahat di bagian utara sisi Candi, di sisi selatan tergambar relief Dewa Brahma dan relief Dewa Siwa terlihat di sisi bagian timur Candi Srikandi.

Karakteristik Candi Srikandi

Candi yang berbentuk menyerupai kubus ini memiliki batur candi setinggi 50Cm yang juga menyerupai bentuk kubus. Dibagian timur terdapat tangga untuk memasuki kedalam ruangan Candi dan di sebelah pintu masuk Candi tersebut terdapat bilik  penampil. Pada dinding utara terdapat pahatan yang menggambarkan Wisnu, pada dinding timur menggambarkan Syiwa dan pada dinding selatan menggambarkan Brahma. Sebagian besar pahatan tersebut sudah rusak. Sedangkan atap Candi sudah rusak dan beberapa bagian sudah tidak ada lagi seperti aslinya, sehingga tidak terlihat lagi bentuk asli atap dari Candi Srikandi ini.

Candi Srikandi (tampak dari samping)


Akomodasi dan akses menuju lokasi

Untuk menuju Candi Srikandi ini sangat gampang dan dapat dicapai dengan kendaraan pribadi maupun umum. setelah anda memasuki gapura Desa Dieng Kulon (dari Wonosobo) ada pertigaan, ambil kanan sampai ada pertigaan setelah supermarket ternama di Indonesia, belok kiri dan jalan tersebut akan mengatar sampai menuju Lokasi pintu Masuk Komplek Candi Arjuna.Bagi anda yang hendak makan, minum atau membeli Souvenir telah tersedia beberapa warung yang di buka oleh warga sekitar yang harganya cukup murah.

Source Candi Srikandi Dieng
Comments
Loading...