Candi Songgoroti Malang

0 343

Lokasi Candi Songgoroti

Candi Songgoroti terletak di dusun Songgoriti Kelurahan Songgokerto kecamatan Batu, kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Candi Songgoroti

Candi songgoroti adalah satu-satunya peninggalan Mpu Sindok di Kota Batu. Menurut sejarahnya, kisah Candi Songgoriti ini berawal dari keinginan Mpu Sindok yang ingin membangun tempat peristirahatan bagi keluarga kerajaan di pegunungan yang didekatnya terdapat mata air. Seorang petinggi kerajaan bernama Mpu Supo diperintah Mpu Sindok untuk membangun tempat tersebut. Dengan upaya yang keras, akhirnya Mpu Supo menemukan suatu kawasan yang sekarang lebih dikenal sebagai kawasan Wisata Songgoriti. Atas persetujuan Raja, Mpu Supo mulai membangun kawasan Songgoriti sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan.

Candi Songgoriti pertama kali dicatat oleh Van I Jsseldijk tahun 1799, kemudian oleh Jonathan Rigg tahun 1849 dan Brumund tahun 1863. Tahun 1902 J. Knebel melakukan inventarisasi dan dilanjutkan dengan restorasi tahun 1921. Candi Songgoriti yang kita lihat sekarang ini merupakan hasil restorasi tahun 1938-1944 oleh Oudheidkundige Dienst Hindia Belanda.

Bangunan Candi Songgoroti

Seperti candi Hindu lainnya, candi yang hanya tinggal bagian kaki dan sebagian badan ini terdiri dari ruang utama yang dikelilingi oleh 3 relung pada sisi-sisinya, yang tentunya dahulu berisi arca Siwa Mahaguru (selatan) kini arcanya telah hilang, Ganesya (barat) masih berada di tempatnya, dan Durga Mahisasuramardini (utara) tinggal bagian bawah arca, masih berada di tempatnya, kadang arca ini dipindah di sisi timur. Dinding-dinding luar yang mengapit relung berhiaskan dewa-dewi berdiri dengan posisi dwibangga (dua lekukan badan), suatu ragam hias yang khas dalam kelompok candi-candi Jawa Tengah seperti Kalasan, Sari, Banyunibo, dan sezamannya.

Keanehan dari candi yang menghadap ke timur ini adalah tidak adanya tangga masuk untuk menuju bilik induknya. Dan memang bilik induk tersebut dirancang untuk tidak perlu dimasuki, disebabkan ukurannya yang kecil. Di duga sisi timur merupakan pintu untuk sebuah ruang induk, ruang tersebut tentunya hanya diperuntukkan bagi lambang Siwa beserta saktinya, yaitu Parwati yang diwujudkan dalam bentuk lingga-yoni yang sekarang tidak ditemukan kembali.

 

Source Candi Songgoroti Malang Malang
Comments
Loading...