situsbudaya.id

Candi Sojiwan Jawa Tengah

0 24

Candi Sojiwan

Candi Sojiwan merupakan kompleks Candi yang letaknya tersembunyi di sebelah selatan Taman Wisata Candi Prambanan. Candi Sojiwan berada di dusun Sojiwan, Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Sejarah Candi Sojiwan

Asal-usul Candi Sojiwan menurut Prasasti Rukam yang dibuat pada tahun 907 Masehi, Raja Balitung dari kerajaan Mataram Kuno mempersembahkan bangunan suci yang bercirikan Buddha untuk neneknya yang sangat dihormati. Ada penelitian lain yang menyebutkan bahwa Candi Sojiwan dibangun oleh Rakai Pikatan dari Dinasti Sanjaya yang dipersembahkan kepada istrinya Pramodawardhani dari Dinasti Syailendra yang berbeda keyakinan sekitar pertengahan abad ke-9. Rakai Pikatan beragama Hindu, sedangkan Pramodawardhani beragama Buddha. Pembangunan candi ini mungkin bertujuan untuk menjaga kerukunan antara umat beragama. Hal ini sebagai bukti sejak zaman dahulu antara umat Hindu dengan umat Buddha hidup berdampingan secara damai.

Karakteristik Candi Sojiwan

                     Candi Sojiwan

Candi Sojiwan memiliki luas yaitu 8.140 m persegi, luas bangunan utama candi memiliki luas 401,3 m persegi dan tinggi candi kurang lebih 27 m. Candi Sojiwan menghadap kearah barat. Terdapat dwarapala yang sudah rusak dan kini ditempatkan di pos penjagaan di komplek Candi Sojiwan. Pada bagian bawah candi terdapat ukiran relief kisah satwa Jataka sekitar 12 adegan mengelilingi dinding bawah candi. Cara membaca relief tersebut dengan membaca ke arah selatan.

Source Candi Sojiwan Prambanan Jawa Tengah
Comments
Loading...