Candi Retno Magelang

0 421

Lokasi Candi Retno

Cagar Budaya Candi Retno terletak di desa Candiretno, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Candi Retno

Pada tahun 1927 M Bupati Magelang Raden Tumenggung Danu Soegondo pada masa pemerintahan Hindia Belanda melakukan penyatuan/penggabungan dua desa (Candirejo dan Setan) menjadi satu desa. Musyawarah desa waktu itu diadakan di tanah terbuka di atas sumber air kali Setan, ditepi jalan Pucang – Sindas. Dua desa ini digabung menjadi satu diberi nama Desa Candi retno, dan desa disebelah selatan desa Candi retno diberi nama desa Pancuranmas, karena lokasi musyawarah desa di atas sumber air kali Setan terdapat pancuran (talang air).
 
Di lokasi ini sangat unik karena ditemukan bangunan candi retno yang berupa batuan bata merah. Sangat jarang dijumpai candi dengan batuan bata merah, selain di Jawa Timur (yang pernah saya temui). Beberapa hal unik lainnya, di sekitaran Candi Retno ini ditemukan batuan yang berserakan berupa Yoni yang sangat besar. Bahkan ada Yoni yang memiliki posisi telungkup. Menjadi pertanyaan besar oleh kami, mengapa batu sebesar itu bisa telungkup mengingat tidak mungkin tenaga manusia masa kini mengangkatnya.
 
Beberapa pohon yang sangat unik yang berada di sekitar Candi Retno adalah pohon Majapahit yang sangat legendaris di Bumi Nusantara. Kemungkinan besar pohon tersebut sudah sangat lama, karena kepopuleran pohon ini sebagai penghalau hama padi sangat dibutuhkan para petani sejak dahulu kala.
 

Arti Candi Retno

Candi Retno mempunyai arti:
– Candi berarti: batu / tempat,
– Retno berarti: intan / indah,
sehingga dapat diartikan sebuah tempat yang indah (batu yang indah).
 
Source Candi Retno Magelang Magelang
Comments
Loading...