Candi Perwara di Kompleks Candi Prambanan

0 11

Candi Perwara di Kompleks Candi Prambanan

Jumlah keseluruhan candi perwara di kompleks Candi Prambanan ada dua ratus dua puluh empat. Yang sudah dipugar ada tiga, dan akan bertambah satu lagi. Sekarang ini sedang berlangsung pemugaran Candi Perwara Deret II No. 35. Kegiatan pemugaran sudah dimulai sejak bulan Januari, dan rencananya akan berlangsung selama 275 hari, hingga rampung pada Desember 2017 nanti,” kata Manggarsari.

Candi Perwara Deret II No. 35 merupakan candi perwara keempat yang dipugar. Sudah ada tiga candi perwara lainnya di kompleks Candi Prambanan yang sudah dipugar. Dua candi perwara dipugar oleh Belanda pada tahun 1937, yaitu Candi Perwara Sudut Deret I No. 39 timur laut dan Candi Perwara Deret II No 1 sisi timur. Candi perwara satunya lagi dipugar oleh bangsa Indonesia sendiri yakni Candi Perwara Deret I No. 43 sisi timur, yang dipugar oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2015.

Candi Perwara Deret II No. 35 masih berada pada setting aslinya (insitu), namun dalam kondisi runtuh. Bagian yang masih intact hanya tinggal 3 lapis batu dari bawah, yaitu dari pondasi hingga pelipit padma pada kaki candi. Pada bagian depan (sisi utara), profil tangga masih terlihat jelas meskipun batu-batunya banyak yang sudah runtuh. Berdasarkan analogi dengan candi perwara lainnya, kemungkinan candi ini juga berukuran 6,8 m x 6,8 m, dengan tinggi 13,4 m.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/candi-perwara-di-kompleks-candi-prambanan-akan-bertambah-satu-lagi/
Comments
Loading...