Candi Patani Sumatera Barat

0 48

Candi Patani

Di Desa Nagari Lansek-Kadok, Kecamatan Rao Selatan, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat terdapat dua candi. Kedua candi itu adalah Candi Pancahan dan Candi Patani, yang terbuat dari susunan bata.

Candi Patani semula merupakan salah satu munggu yang ada di areal perkebunan penduduk di Jorong IV Beringin. Sebenarnya di area perkebunan tersebut ada beberapa munggu yang lain. Namun sayang keadaannya sudah sangat rusak, dan hampir rata dengan tanah di sekitarnya.

Candi Patani untuk kali pertama diidentifikasi oleh tim arkeoogi dari Pusat Arkeologi Nasional, yang mengadakan penelitian di daerah Rao, Kabupaten Pasaman pada Mei 2013. Pada kesempatan itu tim mengadakan ekskavasi di Situs Patani. Hasil ekskavasi ini memperlihatkan adanya sisa struktur bangunan bata, yang merupakan sisa bagian kaki candi. Bentuknya persegi empat, dan diperkirakan berukuran sekitar 6 x 6 m. Berdasarkan adanya tangga di sisi timur diperkirakan candi ini menghadap ke arah timur. Namun demikian orientasinya tidak persis utara-selatan atau barat-timur, karena arah orientasi candi ini menyimpang ke arah barat sekitar 10º.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/candi-pancahan-dan-candi-patani/
Comments
Loading...