Candi Padangroco Sumatera Barat

0 60

Lokasi Candi Padangroco

Candi Padangroco terletak di Siguntur, Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat 27678.

Candi Padangroco

Candi Padangroco merupakan salah satu situs yang berada di daerah aliran Sungai Batanghari. Letaknya agak ke dalam pada sebuah jorong (kampung) Seilangsek. Lingkungannya masih cukup alami dengan vegetasi tumbuhan yang bervariasi serta kondisi geografis yang sedemikian rupa dengan dikelilingi oleh Sungai Batanghari dan bukit-bukit dengan jenis satwanya yang masih liar, memberi pesona tersendiri yang semkain membuai siapapun yang mengunjunginya.

Perjalanan untuk menuju ke lokasi dapat ditempuh dalam waktu ± 4 jam dari ibukota Propinsi, kemudian menyeberangi Sungai Batanghari dengan menggunakan perahu, dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar ¼ jam. Malam di kampung Sungailangsat suasananya cukup hening, hanya terdengar suara-suara binatang malam hingga menjelang subuh.

Candi Padangroco pernah tercatat dalam laporan Westenenkc, seorang controleur berkebangsaan Belanda tahun 1938. Kemudian Candi ini telah ditemukan kembali oleh Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Batusangkar (sekarang BPCB) ini pada tahun 1992 atas informasi dari salah seorang penduduk Seilangsek, oleh masyarakat disebut dengan Candi Padangroco.

Kala itu sejak tahun 1993 sampai tahun 1996 Situs Padangroco terus dilakukan ekskavasi oleh Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Batusangkar bekerjasama dengan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional. Dari hasil ekskavasi tersebut telah terbuka 4 buah struktur candi yang semuanya terbuat dari bata, yang kemudian diberi nama Candi I, II, III, dan IV.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2017/12/07/candi-padangroco-di-kerajaan-melayu-dharmasraya/
Comments
Loading...