Candi Kota Kapur Bangka

0 702

Lokasi Candi Kota Kapur

Terletak di Desa Kota Kapur Kecamatan Mendo, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Situs ini terletak di pinggir Sungai  Mendo yang bermuara di selat Bangka.

Candi Kota Kapur

Kota Kapur menjadi daerah yang cukup strategis karena memiliki sumber daya alam tinggi di antaranya timah, dengan ditemukannya arca dan perunggu yang memiliki kandungan timah. Kondisi Candi Kota Kapur berupa sisa reruntuhan candi pada zaman Kerajaan Sriwijaya yang telah ditimbun kembali. Ditemukan juga puluhan keramik, benteng tanah setinggi sekitar tiga meter, parit di bawah benteng yang menyerupai terowongan bekas penggalian para arkeolog yang mencari struktur bangunan candi dan bekas pondasi prasasti Kota Kapur, gedung mirip pendopo yang menyimpan barang-barang sejarah, dan potongan arca yang masih terawat baik.

Candi Kota Kapur berbeda dengan candi-candi megah seperti di Jawa, dimana lokasi dan struktur candi sudah terkubur diantara tanaman pohon karet, durian, dan kelapa sawit. Candi ini sangat erat hubungannya dengan Prasasti Kota Kapur.

Berdasarkan sejarah, pada tahun 1700-an, di perairan selat Bangka atau sekitar 21 km dari pantai Kota Kapur sering terjadi perampokan kapal yang dilakukan oleh bajak laut yang bersembunyi di sekitar selat Bangka.

Hingga akhirny raja Sriwijaya menyikapinya dengan mengirim pasukan ke daerah tersebut untuk memberantas para bajak laut tersebut yang berakhir dengan kemenangan. Kemudian di buatlah Prasasti Kota Kapur di tempat ini.

Prasasti ini bertujuan untuk menghindari gangguan terhadap kapal-kapal yang melewati selat tersebut yang berisi tentang perjanjian antara para Bajak Laut dengan kerajaan Sriwijaya. Nah ditempat ditemukannya prasasti inilah Candi Kota Kapur berhasil ditemukan.

Source Candi Kota Kapur bangka belitunbg
Comments
Loading...