Candi Klodangan Jogja

0 235

Lokasi Candi Klodangan

Candi tersebut terletak di kecamatan Berbah, tepatnya di dusun Klodangan, desa Sendangtirto, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55573

Candi Klodongan

Lokasi candi klodongan ini sangat unik karena berada di tengah-tengah persawahan sehingga Anda harus melewati sawah terlebih dahulu untuk menuju ke lokasi candi. Sejarah ditemukannya candi klodongan ini pun sangat menarik. Candi klodongan ini ditemukan oleh warga setempat yang sedang mengolah tanah untuk dijadikan bahan batu bata. Cukup sulit memang untuk menemukan dimana candi ini berada, sehingga Anda harus bertanya dengan warga setempat. Tidak banyak yang mengetahui tentang keberadaan candi ini, jadi pertama yang harus Anda tanyakan pada warga setempat adalah dimana gapura Dukuh Karangasem berada. Kemudian setelah Anda sampai ke gapura tersebut, tanyakan lagi kepada warga setempat dimana batu Candi Klodangan berada.

Candi klodongan ini terbuat dari batu putih yang diperkirakan berasal pada abad ke 9 M sampai 10 M. Candi Klodongan ini belum selesai dibangun sehingga Anda hanya melihat reruntuhan atau pondasi dari candi saja. Candi Klodongan yang berada pada kedalaman 120 cm dari atas permukaan tanah ini berdenah bujur sangkar.

Belum selesainya bangunan candi tersebut membuat peneliti sulit mengidentifikasi apakah candi tersebut sebagai candi Buddha atau candi hindu. Meskipun begitu. Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta ,mengelompokkannya kedalaman kelompok Candi Hindu. Sisa-sisa reruntuhan yang ada tidak besar dan juga tidak kecil, ukuran candi ini juga tidak tinggi. Di dekat reruntuhan candi ini, dan akan menemukan semacam galian yang terdapat susunan batu di dalamnya. Susunan batu ini merupakan sisa peninggalan sejarah yang sudah terkubur sejak lama.

Source Candi Klodongan Jogja jogja
Comments
Loading...