Candi Karangbesuki

0 40

Candi Karangbesuki

Candi Karangbesuki atau sering disebut dengan Candi Gasek karena terletak di daerah Gasek, Desa Karangbesuki, Kecamatan Sukun. Candi ini merupakan sebuah peninggalan Kerajaan Kanjuruhan yang pusatnya ada di Dinoyo. Candi tersebut diperkirakan seusia dengan Candi Badut yang dibangun pada abad ke delapan masehi.

Candi ini memang tidak seperti kebanyakan, hanya sebuah batu yang berserakan bagi orang awam. Lokasinya pun juga tidak strategis yaitu berada di sebuah komplek pemakaman umum kampung tersebut.

Candi ini bisa ditempuh dengan menggunakan angkutan AT (Arjosari Tidar), setelah sampai Tidar bisa berjalan ke arah Utara dari Candi Badut sekitar 500 meter, silahkan tanya penduduk sekitar atau menggunakan gps untuk mencapainya, karena untuk mencapai Candi Karangbesuki lumayan sulit dan agak rumit.

Kondisi candi ini bisa dibilang mengenaskan, karena di lokasi hanya tertinggal batu yang berserakan saja. Batuan tersebut ditata tidak didasarkan pada bentuk aslinya sehingga lebih mirip petilasan. Itupun tinggal sebagian kecil saja karena sebagian besar dari batu tersebut kebanyakan sudah diambil oleh warga untuk bahan bangunan.

Dulu saat ditemukan, di sekitar Candi Karangbesuki juga terdapat Yoni dan arca Ganesha. Memang banyak sekali patung Ganesha yang ditemukan di Malang sosok yang merupakan dewa ilmu pengetahuan dan penolak bala. Biasanya digambarkan dengan bentuk manusia berkepala gajah dan memiliki empat tangan membawa aksamala, kapak, mangkuk tengkorak, dan salah satu mangkuk tengkorak dihisap oleh belalainya.

Selain itu ditemukan arca Agastya. Tokoh ini digambarkan dengan seorang berjanggut panjang dan runcing, memiliki dua tangan, tangan kanan memegang trisula dan tangan kiri diduga memegang kamandalu. Arca tersebut disimpan di museum BP3 Mpu Purwa Kota Malang.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2016/03/08/candi-karangbesuki-peninggalan-yang-berserakan-di-gasek/
Comments
Loading...