Candi Gumpung Jambi

0 346

Lokasi Candi Gumpung

Candi Gumpung terletak di Desa Muaro Jambi, Kec Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, 36382.

Candi Gumpung

Candi bertubuh pejal ini berdiri di permukaan tanah yang datar. Denahnya segi empat, berukuran 17,9 x 17,9 meter, dengan tinggi sekitar tiga meter. Candi takberuang yang menghadap ke timur ini bernama Gumpung. Hanya ada satu tangga atau semacam “antarala” untuk menuju gerbang kecil di dinding timur candi. Tak ada tangga lain untuk  menuju bagian atas candi. Hanya ada satu pipi tangga dan ada satu makara. Beberapa ahli mengatakan bahwa candi ini pernah mengalami dua atau tiga kali tahap pembangunan. Hariani Santiko misalnya, mengatakan bahwa Candi Gumpung dibangun dua kali.

Struktur pertama Candi Gumpung pertama berbentuk lapik besar, pejal, dengan pintu tanpa tangga di sebelah timur. Di atas lapik besar tersebut tertata lima stupika (Stupa kecil) dalam bentuk maṇḍala Vajradhatu.

Maṇḍala Vajradhatu itu dipilih karena sesuai dengan sifat candi dari agama Buddha Vajrayana. Pendapat tentang latar belakang keagamaan candi tersebut dikemukakan oleh Boechari pada 1985. Ia telah membaca peripih Candi Gumpung, berupa tulisan-tulisan di atas lempengan emas, yang dipendam di dasar candi. Struktur semacam ini mirip dengan struktur Lama Stupa di Cina.

Berdasarkan bentuk huruf yang dijumpai pada lempengan emas peripih tersebut, dapat diketahui bahwa pembangunan candi kali pertama dilakukan pada abad ke-9–10 Masehi. Sementara itu, ada kemungkinan di bagian atas struktur kedua Candi Gumpung diberi tambahan teras. Penambahan ini membentuk ruang yang difungsikan untuk menempatkan arca Prajñāpāramithā. Arca ini memiliki ciri yang berasal dari abad ke-13.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/2017/01/09/candi-gumpung/
Comments
Loading...