Candi Gondoarum

0 120

Candi Gondoarum

Candi Gondoarum merupakan reruntuhan candi yang berada di dalam kawasan wisata alam Goa Seplawan Purworejo. Situs candi ini memiliki kaitan erat dengan sejarah penemuan arca Dewi Syiwa dan Dewi Parwati yang terbuat dari emas di dalam Goa Seplawan. Tidak banyak informasi yang diketahui mengenai situs candi ini karena kondisinya sudah lapuk dan tidak berbentuk lagi.

Candi Gondoarum masuk dalam wilayah desa Donorejo, kecamatan Kaligesing, kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Candi Gondoarum terletak di area wisata alam Goa Seplawan. Candi Gondoarum diduga lebih tua dari pada Candi Borobudur.

Melihat bentuk Candi Gondoarum, kondisinya sudah tidak berbentuk bangunan candi yang utuh dan hanya menyisakan puing-puing batuan candi. Hampir seluruh puing-puing batuan candi telah lapuk dan mengeras dengan tanah yang ada disekitarnya. Keadaan puing-puing tersebut seperti layaknya batuan yang terkena adonan semen ketika pertama kali ditemukan.

Diantara puing-puing yang ada masih tersisa ornamen-ornamen batuan candi dan beberapa diantaranya masih terlihat jelas. Hal ini yang mendasari bahwa puing-puing yang telah lapuk tersebut adalah reruntuhan candi yang dibangun pada zaman lampau. Bangunan Tempat Menyimpan Lingga Yoni dan Batuan Putih Candi Gondoarum Goa Seplawan

Di sebelah reruntuhan candi, terdapat sebuah bangunan semi permanen berdinding kayu yang berbentuk kuncup berukuran kurang dari 3×3 meter. Didalamnya digunakan untuk menyimpan potongan batuan Candi Gondoarum yang belum mengalami pelapukan berupa batuan yang terbuat dari batu putih dan sepasang lingga-yoni.

Asal usul nama Gondoarum karena waktu lingga yoninya diangkat untuk dipindahkan, keluar semerbak bau harum. Konon jin penunggu yang mendiami lingga yoni tidak mau dipindah. Akhirnya lingga yoni tersebut tidak jadi dipindahkan dan dibuatkan bangunan untuk melindungi dari cuaca agar terhindar dari kerusakan.

Ketika memasuki bangunan tersebut, kondisi lingga-yoni berikut potongan batu candi yang terbuat dari batu putih cukup terawat dengan baik. Sisa-sisa sesaji masih tampak di dalam ruangan ini, entah apakah tadi malam ada yang melakukan ritual atau semedi di tempat ini.

Source https://teamtouring.net https://teamtouring.net/candi-gondoarum-purworejo.html
Comments
Loading...