Candi Gedong Songo Kabupaten Semarang

0 123

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Gedong songo yang berarti memiliki sembilan bangunan. Sesuai namanya candi ini memiliki sembilan candi yang tersebar di lereng gunung ungaran yang mempunyai pemandangan yang sangat indah. Dengan berbagai macam keindahan sehingga membuat para pengunjung betah berlama – lama di candi tersebut.

Candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin (berkisar antara 19-27 °C). Lokasi 9 candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Selain itu, objek wisata ini juga dilengkapi dengan pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, area perkemahan, dan wisata berkuda.

Pada masa penjajahan para tentara Belanda di Semarang, Seorang arkeolog berkebangsaan Belanda bernama Van Stein Callenfels pada tahun 1908-1911 melakukan penelitian di lokasi komplek Candi Gedong Pitu (sekarang Candi Gedong Songo) dan pada saat itu, dia menemukan 2 bangunan candi lagi di komplek itu yang membuat jumlah candi pada komplek itu bertambah menjadi sembilan candi. Dan pada saat itu juga, nama yang tandinya Candi Gedong Pitu berubah menjadi Candi Gedong Songo. Songo sendiri adalah sebuah angka dalam bahasa jawa yang berarti Sembilan.

Dan Pada saat pemerintahan Belanda di tahun 1928-1929, komplek wisata Candi Gedong Songo ini mengalami pemugaraan untuk pertama kalinya. Dan kemudian di tahun 1977-1983 komplek Candi Gedong Songo ini mengalami pemugaraan untuk kedua kalinya yang di lakukan oleh pemerintah indonesia. Komplek candi gedong songo memiliki keindahan namun berbalut misteri dan kesakralan. Namun banyak pengunjung yang berlama – lama di candi ini untuk menikmati pemandangan alam disekitarnya.

Source Candi Gedong Songo Candi Gedong Songo
Comments
Loading...