Candi Gathotkaca Dieng

0 115

Candi Gathotkaca Dieng

Candi Gatotkaca merupakan salah satu candi di Dataran Tinggi Dieng yang posisinya terletak di samping area parkir kendaraan menuju ke Kompleks Candi Arjuna. Pondasi bangunan candi yang ada didepannya belum dapat diartikan sebagai bangunan candi perwara atau pendamping. Selain itu, tumpukan batu yang ada didekatnya merupakan sisa-sisa batuan asli Candi Gatotkaca yang tidak dapat disusun kembali.

Candi Gatotkaca terletak di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Nama Gatotkaca berasal sari salah satu tokoh pewayangan Jawa. Candi Gatotkaca dipugar pada tahun 1979 oleh Balai Pelestarian Purbakala Jawa Tengah. Candi Gatotkaca berukuran 4,5 x 4,5 meter dan berbentuk bujur sangkar. Diperkirakan berfungsi sebagai tempat pemujaan dan merupakan peninggalan zaman pra klasik.

Bangunan Candi Gatotkaca berdiri utuh dengan pintu masuk menghadap ke arah barat dan telah ditata rapi dikelilingi area rumput. Sepertinya sebagian batu penyusun Candi Gatotkaca yang berbeda warna telah mengalami penggantian karena mengalami kerusakan. Relief dan patung tidak ditemukan pada dinding Candi Gatotkaca. Entah karena relief asli dinding candi telah rusak sehingga tidak dapat dipahat kembali pada batuan pengganti atau memang aslinya tidak terdapat pahatan relief. Dugaan saya condong kepada pendapat kedua yaitu dinding candi Gatotkaca tidak memiliki relief dan alasan saya ini diperkuat saat mengamati potongan batuan asli candi yang disusun tidak jauh dari Candi Gatotkaca.

Bila benar tidak terdapat relief pada bangunan candi, diperkirakan Candi Gatotkaca berumur lebih tua dibandingkan perkiraan aslinya. Relung candi dengan bentuk menonjol namun tidak terlihat arca yang diletakkan di masing-masing relung. Kurang disebutkan informasi bahwa arca di dalam relung tersebut disimpan di museum yang tidak jauh dari candi Gatotkaca atau hilang sebelum candi tersebut dipugar.

Di dalam bangunan candi terdapat Yoni namun tidak ditemukan pasangannya yaitu Lingga. Keberadaan Yoni dalam bangunan candi sendiri sering dikaitkan dengan keberadaan zaman kerajaan Hindu di Indonesia. Padahal menurut pandangan saya, Yoni merupakan peninggalan zaman pra klasik sebelum agam Hindu masuk ke Indonesia. Tidak adanya papan informasi mengenai asal-usul Candi Gatotkaca membuktikan bahwa sejarah dan asal-usul candi ini masih simpang siur.

Source https://teamtouring.net https://teamtouring.net/candi-gathotkaca-dieng.html
Comments
Loading...