Candi Dorok, Peninggalan Sejarah di Desa Manggis Kediri

0 19

Candi Dorok, Peninggalan Sejarah di Desa Manggis Kediri

Candi Dorok secara administratif terletak di Desa Manggis, Kec. Puncu, Kab Kediri. Lokasi candi ini cukup mudah dijangkau. Jika travelers kalian dari arah Surabaya silahkan menuju Pare – Perempatan Pare lurus ke selatan sampai perempatan Perhutani (TPK Selogawang) di kiri jalan kemudian belok ke kiri – ikuti jalanan sejauh 3,5 km hingga menjumpai petunjuk arah menuju SMPN 2 Puncu di kanan jalan – dari perempatan ini belok ke kanan hingga menjumpai papan petunjuk arah ke Candi Dorok – Candi Dorok terletak di halaman rumah warga dengan papan nama yang cukup jelas. Jika kalian dari arah Blitar atau Wates Kediri silahkan menuju Pare – perempatan Perhutani (TPK Selogawang) belok kanan kemudian mengikuti rute yang sama seperti yang telah dijabarkan sebelumnya.

Candi Dorok ditemukan kembali pada tahun 1996. Candi ini terkubur sedalam 3 m di bawah permukaan tanah akibat tertimbun material letusan Gunung Kelud. Kini untuk melihat bagian-bagian candi dengan jelas, kalian dapat menuruni tangga yang telah tersedia.

Candi Dorok sudah tidak utuh lagi. Bagian bangunan yang tersisa adalah bagian kaki candi. Pada bagian kaki candi ini tidak ditemukan relief. Hanya terlihat sejumlah panil kosong di antara bagian pelipitnya. Sejumlah bagian-bagian berukir dari candi ini kini ditumpuk di atas candi. Candi Dorok menghadap ke barat dan tersusun dari batu bata. Uniknya candi ini tidak memiliki tangga untuk menuju bagian atas candi.

Source https://travellersblitar.com https://travellersblitar.com/candi-dorok-kediri/
Comments
Loading...