Candi Batur Magelang

0 264

Lokasi Candi Batur

Candi Batur terletak di Dusun Ngobaran, Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, 56152.

Candi Batur

Candi Batur merupakan salah satu candi yang bercorak Hindu yang terdapat di daerah Magelang. Tidak banyak yang mengetahui tentang candi ini, karena keadaan candi yang memang hanya menyisakan reruntuhannya saja dan sebagian masih terpendam di dalam tanah. Reruntuhan candi ini berada diatas sebuah bukit yang berjarak sekitar satu kilometer dari ujung jalan dusun.

Candi Batur tidak di ketahui kapan waktu pembuatannya, atau siapa pembuatnya dan dibangun dalam rangka apa, karena candi yang berada di daerah Magelang kebanyakan tidak memiliki prasasti, termasuk candi batur itu sendiri, sehingga tidak dapat diketahui asal usulnya. nyaris tidak ada bentuk yang tersisa dari candi ini. Batu-batu penyusun candi berserakan tak beraturan di bukit dimana Candi Batur berada.

Hanya makara di bagian utara dan di selatan candi yang masih bisa terlihat baik. pada makara bagian utaran, terdapat gambar makhluk mitologi gajah mino dengan gambar burung pada bagian mulutnya. Sedangkan pada makara bagian selatan terdapat gambar makhluk kerdil pada bagian mulut gajah mino yang disebut gana. Gana biasanya terdapat pada candi atau peninggalan yang bercorak Hindu dan Budha.

Source https://id.wikipedia.org/wiki/ https://id.wikipedia.org/wiki/Candi_batur
Comments
Loading...