Candi Banyunibo Sleman

0 138

Candi Banyunibo

Situs budaya  ini bernama Candi Banyunibo, candi yang  bertempat di  selatan Desa Cepit , Kelurahan  Bokoharjo Kecamatan Prambanan di Kabupaten Sleman. Posisi dari candi ini  menghadap ke arah barat yang memiliki letak 200 meter dari Candi Barong dan berjarak 1 km  sebelah barat daya jalan Yogyakarta dan Solo.

Candi ini menyendiri dan terpisah dari candi-candi yang lainnya.Awal mulanya candi ini hanya berupa reruntuhan   awal mula ditemukannya.Candi Banyunibo memiliki susunan yang terdiri dari satu candi induk  yang menghadap ke arah  barat yang juga di kelilingi oleh candi perwara yang berbentuk stupa ini merupakan hasil penelitian dan candi ini memiliki deret sebanyak 3 yang ada di sebelah selatan dan tiga juga deretan di bagian timur.

Dari candi ini terdapat dinding serta pelipat atas batur yang dipenuhi dengan motif yang hiasannya sulur dan dedaunan yang menjulur ke luar dari wadah yang sangat mirip wadah tersebut dengan tempayan. Yang ada di halaman  belakang di candi banyunibo ini yaitu terdapat sebuah lubang seperti sumur .Candi ini juga memiliki relief yang ada di candi ini yang berukuran kecil di antaranya yaitu  dengan lebar 11 m dan panjang hanya sekitar 15 m saja. Candi ini berdiri dengan batur nya yang memiliki tinggi 2,5 m yang di posisikan di tengah.

Pada candi Banyunibo  candi ini terdapat hiasan kepala kala yang juga di sebut dengan jala draw adapun fungsi  sebagai  saluran pembuang air hujan ini merupakan fungsi dari hiasan yang ada di candi ini.Limasan merupakan bentuk atap dari candi ini yang menyerupai kubah dengan puncaknya ada stupa yang terdapat di candi banyunibo ini.

 

Source Candi Banyunibo Candi Banyunibo
Comments
Loading...