Candi Bakungan Bali

0 184

Lokasi Candi Bakungan

Candi Bakungan terletak di Jl. Singaraja-Gilimanuk, Umeanyar, Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali 81153.

Candi Bakungan

Candi Bakungan memiliki latar kepercayaan Siwa-Budha. Status kepemilikan dan pengelolaan Pura Candi Bakungan saat ini oleh keluarga keturunan Sentana Dinasti Arya Mekel Cengkong yang menurut sejarah babad merupakan keturunan dari Patih Nambi. Saat ini ada tiga pemangku di Pura Candi Bakungan, yaitu : Jro Mangku Gusti Putu Purwa, Jro Mangku Gusti Kade Subamia, dan Jro Mangku Gusti Putu Basma.

Dari informasi yang diperoleh dari Jro Mangku, Pura Candi Bakungan memiliki kaitan dengan Pura Pecangakan di Negara (belakang kantor bupati), Pura Kembar di Mertasari Negara (pinggir pantai). Odalan atau hari suci dilaksanakan 6 bulan sekali pada hari Buda Wage Kelau (pertanggalan Bali).

Candi ini berdiri di atas batur, diklilingi kolam dengan ukuran Panjang : 7,52 meter, Lebar : 7,46 meter. Bebaturan memiliki ukuran Tinggi 1,27 meter, Lebar 5,8 meter, dan Panjang 5,20 meter. Secara keseluruhan candi memiliki ukuran Panjang 1,88 meter, Lebar 1,48 meter dan Tinggi 4,88 meter.

Pada tahun 1950 kondisi Candi Bakungan banyak mengalami kerusakan sehingga masyarakat memperbaikinya dengan cara menambal bagian yang rusak dengan perekat campuran bahan semen, pasir, dan kapur. Dalam upaya pelestariannya dan menghindari kerusakan yang lebih parah lagi maka Balai Pelestarian Cagar Budaya tahun 1993 yang saat itu bernama Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala melaksanakan pemugaran.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/2017/07/13/candi-bakungan-salah-satu-tinggalan-dari-masa-majapahit-di-bali-barat/
Comments
Loading...