Bunker Jepang Kepulauan Seribu

0 106

Bunker Jepang

Bunker Jepang merupakan salah satu bangunan bersejarah yang terdapat di pulau Edam, Kepulauan Seribu, Jakarta. Bangunan tersebut merupakan bekas bunker pertahanan yang dibangun pada masa pendudukan Jepang saat terjadinya Perang Dunia II dan difungsikan sebagai tempat pengintaian tentara Jepang.

Bunker-bunker Jepang tersebut terletak di dalam hutan dan tersebar dengan pola melingkar di area yang cukup luas dan ukuran yang bervariasi. Yang terkecil dengan dimensi luar 3x2x2 meter dan yang terbesar mencapai 5 x 3 x 2 meter dan dinding beton berlapiskan batu kali setebal 30-40 cm. Setiap bunker memiliki pintu dan jendela.

Di samping bangunan bunker terdapat lubang dengan luas 3 x 3 meter sedalam 2 meter yang diduga sebagai tempat penampungan dan pembuangan air. Pada bagian paling tinggi terdapat beton berbentuk segi delapan yang kemungkinan bekas landasan meriam untuk menyerang kapal-kapal sekutu. Selain itu terdapat sebuah bangunan pos berbentuk setengah lingkaran yang berfungsi sebagai pos komando. Pasca berakhirnya Perang Dunia II, bunker ini tidak pernah dipergunakan kembali.

Source https://gpswisataindonesia.info https://gpswisataindonesia.info/2019/03/wisata-sejarah-di-kabupaten-kepulauan-seribu/
Comments
Loading...