Bunker Jepang Jambi

0 222

Lokasi Bunker Jepang

Bunker Jepang terletak di Kelurahan Pall Merah, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi.

Bunker Jepang

Bunker adalah sejenis bangunan pertahanan militer yang biasanya di bangun didalam tanah. Tidak banyak orang yang mengetahui keberadaan Bunker Jepang yang dibangun di zaman pendudukan Jepang, yang berada di Kota Jambi. Bangunan yang terbuat dari Beton ini berukuran 4 X 4 meter yang berada di dalam kawasan Bandara Sultan Thaha Jambi.

 

Letaknya yang berada persis di pinggir landasan pacu pesawat, tidak memungkinkan bagi warga masyarakat leluasa untuk bisa masuk dan mengunjungi peninggalan sejarah yang telah ditetapkan sebagai benda cagar budaya oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jambi.

Bangunan yang berbentuk semi lingkaran tersebut masih terlihat kokoh meski sudah berusia puluhan tahun. Sebuah gembok besar terlihat menggantung di pintu setinggi kurang lebih 1,5 meter yang terbuat dari baja. Jendela berbentuk persegi panjang seukuran sekitar setengah meter terlihat diberbagai sisi bangunan itu. Jendela atau lebih pas disebut lubang di tembok beton ini sepertinya merupakan tempat Serdadu Negeri Matahari Terbit (Jepang) meletakkan moncong senapannya.

Jika kita melongok lebih kedalam Bunker Jepang ini, akan terlihat ada sebuah meja besar yang terbuat dari beton yang berada di tengah ruangan berukuran sekitar 3 – 4 meter itu. Di dalam Bunker Jepang ini juga terdapat sebuah terowongan yang menghubungkan dengan Bunker lainnya yang terletak di kawasan Taman Rimba atau Kebun Binatang Kota Jambi.

Source Bunker Jepang jambi Jambi
Comments
Loading...