Bumi Ageung Purwakarta Purwakarta

0 92

Bumi Ageung Purwakarta

Bumi Ageung Purwakarta terletak di jalan Siliwangi, Kampung Langensari, Desa Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta. Bumi Ageung dibangun dalam proses perpindahan ibu kota Kabupaten Karawang dari Wanayasa ke Sindangkasih (Purwakarta). Dapat dipastikan bangunan itu didirikan oleh penduduk Distrik Sindangkasih atas perintah Bupati Karawang, R.A. Suriawinata (Dalem Solawat). Bangunan itu didirikan setelah bupati menetapkan sebagian lahan Sindangkasih akan dibangun menjadi ibukota baru Kabupaten Karawang (paruh pertama tahun 1830).

Selama kota Purwakarta dan pendopo dibangun, Bupati R.A. Suriawinata beserta keluarga tinggal di Bumi Ageung yang difungsikan sebagai pendopo sementara. Bangunan itu sampai sekarang masih berdiri. Mengapa bangunan itu disebut Bumi Ageung, belum diperoleh informasi yang akurat. Boleh jadi karena bangunan itu “walaupun untuk sementara waktu” digunakan sebagai tempat tinggal sekaligus kantor bupati. Berapa lama Bumi Ageung berfungsi sebagai pendopo sementara, belum diketahui. Mungkin tidak ada dokumen yang mencatat tentang hal itu.

Setelah kota Purwakarta diresmikan dan pendopo selesai dibangun, Bupati R.A. Suriawinata beserta keluarga pindah ke pendopo. Namun sangat disayangkan, sumber yang menyatakan kapan tepatnya pendopo selesai dibangun, belum ditemukan, bahkan mungkin tidak ada.

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2015/04/21/wisata-sejarah-di-purwakarta-jawa-barat/
Comments
Loading...