Bioskop President

0 116

Bioskop President

Dulu, Malang termasuk salah satu gudangnya Bioskop yang ada di Jawa Timur setelah Surabaya. Salah satu Bioskop yang cukup terkenal di Malang adalah Bioskop President.

Bioskop President atau yang juga dikenal dengan President Theater terletak di Jalan Letjen Sutoyo. Penulis sendiri kekurangan referensi tentang kapan Bioskop ini berdiri. Namun beberapa referensi menyatakan jika keberadaan Bioskop tersebut sudah terjadi sejak tahun 1960-an, meskipun belum pasti kebenarannya yang jelas Bioskop cukup terkenal karena menayangkan film-film luar negeri dan film nasional terbaik.

Keberadaan Bioskop ini di Malang adalah perpanjangan jaringan dari Bioskop President yang ada di kota lain seperti Jakarta, Bogor, Surabaya dan lain sebagainya. Sehingga kuatnya jaringan itu mampu membuat film yang diputar di Bioskop ini termasuk yang paling baru di zamannya.

Bioskop Presiden hampir sama dengan Bioskop Merdeka yang merupakan tempat menonton kelas menengah. Dulu banyak sekali muda-mudi yang mampir ke Bioskop ini untuk melewatkan waktunya di malam hari untuk menggelar midnight.

Salah satu momen yang cukup fenomenal di Bioskop ini adalah tontonan film G30S PKI di tahun 1984, film yang mengisahkan tentang pembunuhan Jenderal TNI dan penumpasan PKI oleh pasukan TNI yang dipimpin oleh Suharto ini sangat heboh. Film tersebut berlangsung selama empat jam dan mulai diputar jam 17.00 hingga jam 21.00.

Setiap hari terjadi antrian panjang di loket untuk menonton film yang belakangan disebut sebagai alat propaganda pemerintahan orde baru. Karcis yang dicari pun selalu terjual habis terjual. Film-film lain yang cukup memorable untuk diingat dari Bioskop ini adalah Rambo, Eagles, dan lain sebagainya.

Ketenaran Bioskop ini juga menjadikan sebuah warung bakso di belakang Bioskop yang berbatasan langsung dengan rel kereta api, warung tersebut dinamakan Bakso President yang terkenal hingga sekarang. Bicara soal kuliner, di sana dulu juga ada Bakso Tenes dan Soto Dok Soto daging Lamongan, kini hanya Bakso President yang eksis sementara kuliner lain sudah pindah lokasi.

Sayang, Bioskop ini mulai lesu di tahun 1990-an. Salah satu sebabnya adalah mulai dari mahalnya pajak yang dibebankan pemerintah kepada pengelola hingga sudah masuknya VCD di Malang, sehingga Bioskop President dan juga Bioskop lain di Malang mulai gulung tikar satu persatu. Dalam perkembangannya, Bioskop ini kemudian diganti menjadi pusat perbelanjaan Mitra II, kemudian Mitra II juga mengalami kelesuhan sehingga dialih fungsikan menjadi Hotel Savana di tahun 2012.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2016/03/10/mengenang-bioskop-president-yang-kini-menjadi-hotel-savana/
Comments
Loading...