Bioskop Kenanga Banjar

0 94

Lokasi Bioskop Kenanga

Gedung Bioskop Rialto, terakhir berganti nama menjadi Bioskop Kenanga, terletak di dusun Gudang, Kelurahan Hergarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

Bioskop Kenanga

Gedung bioskop kenanga itu dibangun pada tahun 1947 bernama Rialto, pemiliknya orang Belanda bernama tuan Bosca tinggal di Jalan Pasirkaliki Bandung, beberapa gedung bioskop di bangun di sekitar alun-alun dan di jalan Braga, Bandung. Tuan Bos ini juga membangun bioskop di Karawang, Garut, Ciamis dan Banjar.

Bioskop Rialto, dibangun di Banjar awalnya untuk tempat hiburan orang-orang Belanda yang bekerja di perkebunan karet Batulawang di Kabupaten Ciamis, dan perkebunan karet Montjolimo, Mergo Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap.

Bangunan bioskop milik tuan Bos ini, arsitektur Belanda (art-deco), termasuk bioskop Rialto, letaknya sangat strategis berdekatan dengan pasar, stamplatl angkutan umum, stasiun KA, losmen/penginapan, dan tempat hiburan lainnya seperti sandiwara.

Memasuki tahun 1980, masa kejayaan bioskop di Banjar memulai memudar. Tersaingi dengan masuk televisi sampai ke pelosok daerah. Dan juga pengaruh politik muncul G 30 September. 1965 Bioskop Rialto berganti menjadi Bioskop Kenanga, bahkan dijadikan tempat penahanan yang terlibat PKI (Partai Komunis Indonesia), sekitar tahun 1969 baru kembali lagi menjadi bioskop Kenanga. Kepemilikan Bioskop Kenanga, karena tuan Bos orang asing (Belanda) pada tahun 1959 diambil over oleh Provinsi Jabar dan tuan Bos pindah ke Amerika.

Source Bioskop Kenanga Banjar Jawa Barat
Comments
Loading...