Bioskop Karia

0 13

Bioskop Karia

Bioskop Karia yang dahulu bernama Cinema Padangpajang. Bagi sebagian masyarakat Padang Panjang, terutama bagi generasi “lama” Bioskop KARIA adalah banyak memberi kesan. Kini peruntukan Bioskop telah berubah menjadi Lapangan Futsal dengan nama Kareta.

Bioskop Karia didirikan pada tahun 1931, yang merupakan masa-masa akhir Perang Dunia I saat itu. Dibangun dengan desain eksterior bergaya artdeco, yang merupakan desain bangunan favorit di jamannya.

Menurut penjelasan dari masyarakat sekitar bioskop, bangunan awal bioskop terbuat dari papan kayu. Seiring perjalanan waktu dan kebutuhan direnovasi kembali pada 9 Oktober 1974. Dengan luas ruangan 10 x 6 meter, bioskop ini mampu menampung 700 orang.

Wariko Angriawan, seorang pengusaha yang tinggal di Kota Padang pernah berusaha menghidupkan bioskop ini . Dan bioskop ini dulunya dibangun oleh kakeknya, yang merupakan salah satu pemilik tambang batu kapur di Bukit Tui.

Bioskop Karia yang terletak di Jalan Anas Karim No.04, Padang Panjang ini , lokasinya berada di perlintasan utama Padang – Bukittinggi. Hal ini menjadikan Bioskop Karia selalu ramai oleh lalu-lalang masyarakat sekitar. Namun seiring majunya teknologi hiburan, letak yang strategis tidak membuat bioskop ini ramai oleh pengunjung.

Source http://www.pasbana.com http://www.pasbana.com/2017/01/bioskop-karia-yang-dahulu-bernama.html
Comments
Loading...