Bioskop Garuda Pariaman

0 14

Bioskop Garuda

Gedung bioskop yang bernama Bioskop garuda dibangun tahun 1940-an oleh pemilik bangunan rumah gadang Mohammad Hasan Sholeh. Bangunan Bioskop ini telah sering beralih fungsi. Pertama kali dipergunakan sebagai gudang kopra, selanjutnya dijadikan sebagai bioskop, sesudah tidak dipergunakan lagi sebagai bioskop, bangunan ini dijadikan sebagai lapangan badminton dan gudang. Bangunan ini terakhir dipergunakan sebagai bioskop tahun 1990.

Bangunan bekas Bioskop garuda berada di sisi kiri bangunan rumah gadang. Bangunan bioskop ini memiliki ukuran panjang 20 meter dengan lebar 18 meter. Bangunan bioskop garuda merupakan ruang lepas dengan dinding yang terbuat dari kayu dan seng, dan lantai dari semen. Atap dari bangunan ini dari seng dengan kuda-kuda dari kayu. Dinding bagian depan terbuat dari bata yang diplester dan diberi nama “BIOSKOP GARUDA”. Kondisi bioskop ini sekarang dalam kondiri tidak terawat, dengan sebagai besar atap sudah jebol. Pintu masuk terdapat pada bagian depan dan samping bangunan.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Pariaman.pdf
Comments
Loading...