Bioskop Flora di Sudut Jalan KH Agus Salim

0 26

Bioskop Flora di Sudut Jalan KH Agus Salim

Bioskop Flora merupakan salah satu dari deretan bioskop jadul (jaman dahulu) di Kota Malang. Bioskop yang berada di sudut Jalan KH Agus Salim, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen ini dibangun pada tahun 1928.

Dulu, bioskop ini lebih dikenal dengan nama Flora Cinema. Bioskop ini tepatnya berada di sudut perpotongan Jalan KH Agus Salim dan Jalan Zainul Arifin. Kawasan kedua jalan tersebut memang dikenal sebagai kompleks tempat hiburan zaman Kolonial Belanda. Letaknya yang tak jauh dari Alun-alun Kota Malang dan Pasar Besar, menjadikan bioskop ini ramai dikunjungi.

Kompleks hiburan Flora Cinema ini memiliki banyak fasilitas. Mulai dari Biljart Room, barber shop hingga toko-toko makanan. Kompleks hiburan ini juga menjadi salah satu tempat favorit menir-menir Belanda di akhir pekan.

Gedung Bioskop Flora ini berdiri pada saat gedung-gedung bioskop tua lainnya juga bermunculan di berbagai sudut Kota Malang. Ada Atrium Theater, Emma Theater, Globe Theater, Roxy Theater dan lain-lain. Kebanyakan bioskop-bioskop tua ini juga berdiri di Jalan KH Agu Salim yang tak jauh dari Bioskop Flora.

Dalam perkembangannya, gedung bioskop ini menjadi gedung kesenian bernama Wijaya Kusuma. Namun, sekarang ini, kompleks hiburan tersebut sudah tinggal kenangan, karena seiring berjalannya waktu sudah berubah menjadi kompleks pertokoan. Kini, gedung bioskop itu sendiri ditempati oleh Depot Rawon Nguling yang juga menjadi tempat makan legendaris di Kota Malang.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2017/05/15/mengenang-bioskop-flora-sudut-jalan-kh-agus-salim/
Comments
Loading...