Bioskop Dian Bandung

0 79

Lokasi Bioskop Dian

Bioskop Dian terletak di Jalan Dalem Kaum No. 58 Kota Bandung, 40251 Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Bioskop Dian

Bioskop Dian yang berada di bilangan Jalan Dalem Kaum ini dibangun pada 1925. Dengan proyektor putar dan layar besar untuk menampilkan film, bioskop hanya dapat dinikmati oleh orang-orang Belanda saja. Sementara, orang pribumi hanya dapat mengigit jari dan pasrah menonton layar tancap di ruang terbuka dengan julukan “misbar” atau kependekan dari “gerimis bubar”, suatu hal yang berbeda sekali dengan gedung bioskop yang nyaman. Setelah Indonesia lepas dari kolonialisme barulah orang-orang pribumi dapat menonton film di bioskop.

Setelah kemerdekaan, Bioskop Dian lebih sebagai bioskop yang sering memutar film-film India. Bioskop Dian pun menikmati masa kejayaanya selama beberapa puluh tahun. Sayang pada era 1990-an Bioskop Dian mulai terseok-seok. Penonton secara pelahan-lahan mulai sepi sampai akhirnya terpaksa bioskop gulung tikar. Lampu gedung kemudian padam, bukan karena sedang memutar film, tapi padam karena tidak ada lagi gambar bergerak yang diputar di sana. Konsep gedung bioskop kemudian tersisihkan oleh bioskop-bioskop yang lebih moderen di pusat-pusat perbelanjaan Kota Bandung.

Beruntung bagi Bioskop Dian, walaupun ditutup sampai saat ini bangunan masih kokoh berdiri. Muka bangunan sangat mudah dikenali karena masih dalam bentuk asli dan memiliki beberapa ciri khas. Bentuk bangunan simetris yang setengah membulat di bagian kanan dan kiri bangunan. Terdapat tujuh buah barisan jendela di bagian depan atas bangunan. Kemudian yang paling khas adalah terdapat relief dinding yang menggambarkan suasana pedesaan di samping kanan dan kiri pintu masuk.

Saat ini, gedung yang kaya akan nilai sejarah dan budaya tersebut telah ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya golongan A. Hal itu didasarkan pada Peraturan Daerah Kota Bandung No. 19 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Kawasan dan Bangunan Cagar Budaya. Oleh karena itu, walaupun bangunan Bioskop Dian telah dijadikan arena futsal sejak pertengahan tahun 2000, pengelola bangunan dilarang keras untuk membongkar atau merubah bentuk bangunan.

Source Bioskop Dian Bandung Jawa Barat
Comments
Loading...