Biaro Si Sangkilon Terpendam di Barumun

0 46

Biaro Si Sangkilon Terpendam di Barumun

Kelompok Biaro Si Sangkilon letaknya cukup jauh di hulu Sungai Barumun. Lokasinya dapat dicapai dengan kendaraan darat. Kemudian dilanjutkan berjalan kaki sejauh dua kilometer dengan menyeberangi Sungai Barumun yang dangkal. Lokasi kompleks biaro itu terletak sembilan kilometer dari ibukota kecamatan Sibuhuan. Tepatnya di Desa Sangkilon, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara.

Reruntuhan bangunan biaro berada di tengah kebun kelapa sawit. Di dataran rendah yang ditumbuhi ilalang. Tanahnya datar dengan beberapa gundukan reruntuhan bangunan. Di sebelah utara mengalir Sungai Sangkilon. Sungai ini adalah anak Sungai Barumun di hulu. Sungai Sangkilon mengalir ke arah barat-baratlaut. Di sekeliling kompleks biaro terbentang persawahan yang menyejukan mata. Di dalam halaman kompleks, yang dikelilingi pagar bata, ada empat reruntuhan bangunan.

Di halaman kompleks biaro ini ada tiga gundukan. Kemungkinan merupakan reruntuhan bangunan. Gundukan-gundukan ini terletak di sebelah barat, utara, dan baratlaut Biaro Induk. Gundukan pertama berada di sebelah barat biaro induk. Berukuran 6 x 9 meter, dan tinggi 6 meter. Gundukan kedua berada di sebelah utara Biaro Induk. Berukuran 6 x 9 meter, dan tinggi 4 meter. Gundukan ketiga berada di sebelah baratlaut biaro induk. Berukuran 5 x 6 meter, dan tinggi 1 meter.

Reruntuhan gerbang kompleks biaro induk berada di sisi utara. Gerbang itu menghadap ke Sungai Sangkilon. Kini bangunan Biaro Induk tidak utuh lagi. Hanya tersisa bagian kaki dan tubuh, sedangkan atapnya sudah hilang. Kaki bangunan tertimbun reruntuhan bercampur tanah. Bagian ini berukuran 11 x 11 meter, dan tinggi 3,1 meter. Tubuh bangunan hanya tersisa dua sisi, yaitu sisi utara dan sisi barat.

Di ujung tangga biaro induk terdapat sepasang hiasan makara. Kondisinya sudah rusak. Bagian atas belalainya sudah patah. Sebagian badannya terbenam di tanah. Hiasan yang terdapat pada makara berupa sulur-sulur daun. Di bagian mulut makara terdapat hiasan makhluk raksasa. Temuan lain yang terdapat di halaman biaro adalah dua arca singa, fragmen bangunan, dan lapik. Seluruhnya dibuat dari batu andesit. Arca singa yang ditemukan bagian kepalanya sudah hilang.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditpcbm/biaro-si-sangkilon/
Comments
Loading...