Betang Toyoi Kalimantan Tengah

0 93

Betang Toyoi

Betang Toyoi terletak di Desa Tumbang Malahoi, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah sekitar 6-8 jam perjalanan darat dari kota Palangka Raya Kalimantan Tengah dengan kondisi jalan yang ekstrim untuk dilalui oleh kendaraan minibus biasa.

Diperkirakan mulai dibangun tahun 1817-1896 oleh salah seorang keturunan Bungai dan Burow, yaitu Toyoi Panji, nama Toyoi sendiri kemudian diabadikan sebagai nama betang untuk menghormati sang pendiri.

Hampir seluruh bagunan betang ini berbahan dasar kayu Ulin, mulai dari tiang utama, lantai dan dinding bahkan atap pun dibuat dari kayu ulin yang kesemuanya sudah berusia ratusan tahun dan masih utuh hanya beberapa bagian saja yang keropos dan berjamur dimakan usia. Tanpa paku, hanya pasak dan simpul untuk mengikat dan menyambung kayu-kayu tersebut menjadikannya suatu bangunan yang kokoh.

Terdapat seni pahat pada bilah atap di atas pintu utama berupa ukiran manusia berdiri di atas matahari memegang daun bunga dan di sekitarnya terdapat burung Enggang serta Balanga yang dikenal sebagai “Ukir Batang Kayu Nyangen Tingang Banyamei Rumbak Tambarirangan Bintang Patendu Batang Sawang Ngandang Sapatahu Sangkanak Kameluh Tuntang Haramaung”.

Source https://www.infoitah.net/ https://www.infoitah.net/2016/06/betang-toyoi-etalase-pluralisme-suku-dayak.html
Comments
Loading...